Posts Tagged With: college student life

(Catatan Akhir Masa) Hari Terakhir…

Bismillaahirrohmanirrohiim.

Masih cukup membekas ketika awal-awal menginjakkan kaki di kampus Matahari Terbit ini.

Ngurusin berkas-berkas pendaftaran Computer Based Test (CBT), melengkapi persyaratan, mengerjakan 100 soal CBT hingga ada pengumuman dan kini tanpa terasa sudah 7 semester saya menimba ilmu di sini.

Ya,hari ini, Sabtu, 07 Januari 2012 atau 12 Safar 1433 H adalah hari terakhir perkuliahan. Ya hari terakhir saya menghadiri perkuliahan mata kuliah teori.

Ya seharusnya jika berjalan dengan lancar sesuai perencanaan perkuliahan yang telah saya susun sejak awal kuliah dan dimantapkan setelah diskusi dengan beberapa dosen dan senior semester 7 adalah semester terakhir bagi saya mengambil mata kuliah teori.

Ketinggalan 1 semester memang jika dibandingkan rekan-rekan se-angkatan di Fakultas ISIPol,Hukum atau Ekonomi yang sudah beres mata kuliah teori di semester 6. Ya,wajar saja,soalnya di Teknik Sipil lebih banyak SKS nya,bahkan menurut pengamatan dan pencermatan saya Teknik Sipil adalah salah satu program studi terbanyak SKSnya di UMY,yakni sebesar 152 SKS.

 

Di hari terakhir ini hanya ada satu mata kuliah yang mengadakan kelas. Kelas presentasi Perencanaan Transportasi. Yang berarti mata kuliah PT ini adalah mata kuliah penutup.

Kelas beberapa mata kuliah sudah berakhir di minggu sebelumnya atau di awal-awal minggu ini.

Jika boleh mengintrospeksi dan mengevaluasi diri usaha dan semangat saya di perkuliahan ini sangat tidak maksimal. Saya perkirakan hanya 30%.

Salah satu buktinya adalah petikan dialog saya dengan salah seorang dosen yang cukup menghujam jantung saya *lebay*

Saya (S) : “Pak,nanti siang masuk kuliah ………?

Dosen (D) : “iya,kenapa. mau bolos lagi yaa? hhehe,ups.”

S : *terdiam sejenak,eh lumayan lama* “yaahh,Pak. saya gak bolos kok.

Dosen saja sampai bisa mengambil kesimpulan saya sering bolos kuliah.

*mesem-mesem sambil menutup muka *

 

Ahh,tak terasa memang waktu itu cepat sekali berlalu.

Teringat ketika awal perkuliahan,ketika itu di hari pertama kuliah dosennya gak datang akhirnya salah seorang dosen lainnya inisiatif untuk masuk dan menjelaskan tentang Perkuliahan di Teknik Sipil.

Penjelasan beliau sampai sekarang masih saya ingat dan catat.

Dan selalu saya sampaikan kembali khususnya ketika menjelaskan tentang bagaimana kuliah di Teknik Sipil ke residen asrama ketika KulTuM.

 

Ahh,saya akui saya merupakan tipe yang gampang merindu.

Merindukan masa-masa.

 

Pasti suatu saat akan terkenang saat-saat…..

…..datang pagi-pagi menunggu dosen. -yang ini sering saya lakukan di semester awal kuliah-

…..berdiskusi dan bercanda gurih dan seringkali garing sembari menunggu waktu kuliah dimulai.

…..bangun kesiangan dan tergesa-gesa ke kampus.

…..mimpi masuk kuliah terlambat,tapi rupanya memang cuma mimpi dan datang kuliah tepat waktu.

…..dimarahin atau disindir ketika telat masuk kuliah,ntah itu oleh dosen atau teman-teman.

…..masih banyak lagi kenangan yang pasti akan saya kenang

 

entah di manapun atau bekerja sebagai apapun saya nanti setelah lulus.

entah ketika diberikan rizqi dan umur untuk studi lanjut atau mengabdi di salah satu profesi atau bekerja nanti.

 

Saluran air mata,mohon tahan debit aliran produksi air matamu sampai di malam-malam nan panjang di sepertiga terakhir.

Yaa Robbi,

 

ahhh,sepertinya sangat sulit untuk melaksanakan keinginan untuk sit-in di kelas-kelas perkuliahan meski tidak lagi mengambil mata kuliah teori tersebut.

dan ini terbukti ketika semester 6 yang sudah lewat.

 

 

seterusnya fokus dan berusaha sungguh-sungguh mempersiapkan diri untuk menuntaskan Ujian Akhir Semester terakhir (semoga,aamiin) di perkuliahan S1.

dan selanjutnya/sembari menuntaskan penghabisan masa-masa studi S1 + “hal-hal yang tertunda”

 

 

 

Kamar tercinta di tempat yang juga pasti akan saya kenang, 13 Safar 1433 H

Categories: Sarjana, Sebuah Cerita, Studi | Tags: , , , , , , | 4 Comments

(Edisi Menggali Hikmah) 4 agenda akbar dalam 4 tahun terakhir

Bismillahirrohmanirrohiim.
Saya ingin berbagi cerita mengenai hikmah yang bisa saya ambil selama saya kuliah di kampus ini. Kampus matahari terbit,
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
. Saya sudah menuntut ilmiah di kampus ini sejak tahun 2008.
Banyak sekali pengalaman yang telah saya jalani dan alami. Kesemua pengalaman tersebut seakan mengingatkan saya kepada suatu masa dan suatu hikmah mengapa kampus inilah yang terbaik bagi saya.
Tulisan ini adalah mengenai 4 agenda akbar yang pernah dilaksanakan di kampus saya,and most of them saya terlibat di sana.


Tahun 2009,
12th Indonesian English Varsities English Debate
*
Ini adalah kompetisi debat bahasa Inggris terakbar se-Indonesia dan Alhamdulillaah saya terlibat di kepanitiaan tersebut. Saya bertugas menjadi Liaison Officer (LO) atau bahasa awamnya (guide) bagi tim peserta dan yang saya LO-in adalah tim dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Keren-keren mereka. Saya merasa sangat bersyukur meng-LO-in mereka. Saya jadi bisa banyak belajar dari mereka yang sudah memiliki jam terbang tinggi di dunia perdebatan. Eh,maksudnya debat bahasa Inggris.
Salah satu dari mereka mengikuti World University Debating Championship di Turkey tahun 2010.
Sedikit cerita dari kegiatan itu,saya tidak mengikuti acaranya sampai selesai karena ketika hendak babak octo-final (atau quarter final?) saya sudah harus ke Pekanbaru (udah beli tiket soalnya,sedih).


with UNY team B (or A?)


Tahun 2010
Muktamar Muhammadiyah 1 Abad
Kalau ini mah gak perlu ditanya lagi toh? Saya rasa sudah pada tau acara apa ini. xixixix
Jadi ini perhelatan miladnya Muhammadiyah tiap tahun. Nah,pada tahun ini adalah penyelenggaraan Muktamar Muhammadiyah yang bertepatan pada 100 tahun Muhammadiyah berdiri (menurut kalender Hijriyah).
Di sini saya juga terlibat sebagai tim Jurnal Muktamar Muhammadiyah. Satu-satunya media cetak harian resmi terbitan panitia Muktamar Muhammadiyah 1 Abad.

 


gambar untuk Jurnal Muktamar edisi terakhir

di depan mobilnya TVOne



Tahun 2011
Silaturahmi Nasional (SilatNas) Badan Eksekutif Mahasiswa Perguruan Tinggi Muhammadiyah (BEM PTM) se-Indonesia

Nah kalau ini yang tidak saya ikuti. Acara ini adalah acara kumpulnya BEM PTM seluruh Indonesia. Kalau tidak salah ini adalah pertemuan pertama dan diselenggarakan di kampus saya.

Tahun 2012
Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNas) XXV

Sekilas saja jadi ini adalah pekan atau acara paling akbar di bidang keilmuan se-Indonesia. Ini finalnya sekaligus presentasi semua makalah dan penelitian yang telah dilakukan oleh mahasiswa se-Indonesia. Ada 5 bidang yang difinalkan.
1. Program Kreativitas Mahasiswa-Penelitian (PKMP)
2. Program Kreativitas Mahasiswa-Kewirausahaan (PKMK)
3. Program Kreativitas Mahasiswa-Penerapan Teknologi (PKMT)
4. Program Kreativitas Mahasiswa-Pengabdian Masyarakat (PKMM)
5. Program Kreativitas Mahasiswa-Gagasan Tertulis (PKM-GT)

Kesemua makalah yang tentu saja telah dilaksanakan itu dipresentasikan,sehingga didapatlah siapa yang mendapat medali emas,perak dan perunggu. Ya seperti layaknya Olympiade.
Nah,menurut sumber yang terpercaya (KoPerTiS V) ketika saya mengikuti Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa (PPKIM) beberapa hari yang lalu,InsyaaALLOH tahun 2012 nanti PIMNas akan diselenggarakan di kampus saya.
Sekedar tambahan info tahun 2011 ini dilaksanakan di Makassar,tepatnya di Universitas Hasanuddin (UnHas). Info terkait penyelenggaraan di Makassar bisa tanya Mbak Aya selaku yang langsung datang ke tempat acara.

Sembari menunggu pengumuman resmi,saya dan teman-teman Unit Kegiatan Mahasiswa-Kelompok Penelitian Mahasiswa-Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UKM KPM UMY) dan juga pihak kampus sudah harus mulai bersiap untuk menghelat agenda akbar ini.
Tidak hanya untuk hari H saja (bulan Juli 2012),tapi juga mempersiapkan banyak proposal PKM yang diproyeksikan untuk bisa tembus PIMNas.

InsyaaALLOH saya akan terlibat di kegiatan ini. Ntah nanti pas final/hari H masih berstatus mahasiswa atau sudah memiliki gelar ST. di akhir nama saya.


ayoooo,semua civitas akademika UMY bersiap untuk menghelat agenda akbar lagi untuk 2012.
Tulisan saya terkait :
Terkait Muktamar Muhammadiyah
1. Terasa kaku, ditulis pada 14 Juli 2011
2. Keterpaksaan itu (Seringkali) Mendewasakan, ditulis pada 23 Januari 2011, pas lomba QN ala Tobie nie.

Sedikit tambahan lampiran mengenai sejarah IVED dan PIMNas
IVED

Institusi yang pernah menjadi tuan rumah

  1. IVED 1998 di Universitas Indonesia, Depok
  2. IVED 1999 di Universitas Atma Jaya, Jakarta
  3. IVED 2000 di Universitas Kristen Petra dan Akademi Angkatan Laut, Surabaya
  4. IVED 2001 di Institut Teknologi Bandung, Bandung
  5. IVED 2002 di Universitas Hasanuddin, Makassar
  6. IVED 2003 di Universitas Sumatera Utara, Medan
  7. IVED 2004 di Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta
  8. IVED 2005 di Universitas Bina Nusantara, Jakarta
  9. IVED 2006 di Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  10. IVED 2007 di Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto
  11. IVED 2008 di Universitas Udayana, Denpasar
  12. IVED 2009 di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Yogyakarta
  13. IVED 2010 di Institut Teknologi Bandung, Bandung
  14. IVED 2011 di Universitas Hasanuddin, Makassar
  15. IVED 2012 di Universitas Muhammadiyah Malang, Malang

PIMNas

Tahun/Kegiatan/Penyelenggara/Tempat

1988/LKIM � I/Universitas Indonesia/Jakarta

1989/LKIM � II/Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP)/Jakarta

1990/PIMNAS – III/Institut Pertanian Bogor (IPB)/Bogor

1991/PIMNAS – IV/Universitas Lampung (UNILA)/Bandar Lampung

1992/PIMNAS V/Universitas Brawijaya (UNIBRAW)/Malang

1993/PIMNAS – VI/Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP)/Semarang

1994/PIMNAS – VII/IKIP Bandung, ITB dan UNPAD/Bandung

1995/PIMNAS – VIII/Universitas Gadjah Mada (UGM)/Yogyakarta

1996/PIMNAS – IX/Institut Teknologi 10 November Surabaya (ITS)/Surabaya

1997/PIMNAS – X/Universitas Udayana (UNUD)/Denpasar

1998/PIMNAS – XI/Universitas Diponegoro (UNDIP)/Semarang

1999/PIMNAS – XII/IKIP Jakarta (UNJ)/Jakarta

2000/PIMNAS – XIII/Universitas Indonesia (UI)/Jakarta

2001/PIMNAS – XIV/Universitas Negeri Makasar (UNM)/Makasar

2002/PIMNAS – XV/Universitas Airlangga (UNAIR)/Surabaya

2003/PIMNAS – XVI/Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS)/Surakarta

2004/PIMNAS – XVII/Sekolah Tinggi Teknologi Telkom (STT-Telkom)/Bandung

2005/PIMNAS- XVIII/Universitas Andalas (UNAND)/Padang

2006/PIMNAS – XIX/Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)/Malang

2007/PIMNAS – XX/Universitas Lampung (UNILA)/Bandar Lampung

2008/PIMNAS-XXI/Universitas Islam Sultan Agung (UNISULA)/Semarang

2009/PIMNAS XXII/Universitas Brawijaya (UB)/Malang

2010/PIMNAS XXIII/Universitas Mahasaraswati (UNMAS)/Denpasar

2011/PIMNAS XXIV/Universitas Hasanuddin (UNHAS)/Makasar

*sumber tulisan :
Wikipedia dan pedoman PIMNas XXIV UnHas

*sumber foto :
dari FB

Maaf ya kali ini saya agak narsis.

Kamar asrama, 27 Sya’ban 1432 H

Categories: Journey, Sarjana, Sebuah Cerita, Studi | Tags: , , , , | 15 Comments

Yeah,I can do it, Manilaaaaaaaaaaaa,wait me.!!

Bismillahirrohmanirrohiim.

November 25th,2010

Announcement in AYFN Website

The entire selection committee

Inter-cultural Learning and Friendship Program?

congratulated for applicants who pass the selection.

For the names listed below are entitled to go to Bangkok, Thailand

 

I was not one of the selected people there.

About 15 minutes after the announcement published I wrote my note. (you can read it here)

 

April 04th, 2011

AYFN to Phillipine already opened ya?

hmm,in June.

(my wall post into someone)

 

SomeOne :

iya,,,,, cek di web nya.

untuk poster baru besok aku pasang di UMY

 

after two wall posts

SO :

………………..Harus ikut…..

Coba lagi, siapa tau kali ini keterima…………………….

 

 

*sigh*

 

day by day I thought deeply,

and another friend asked me,

“Ram,ente ikutan ke Filipin?”

“ndak tau e”

“ajarin dong caranya”

(taught that person the way to register it)

 

on April 16th, 2011

“ente ikut?”

“liat ntar lah,form nya kayaknya hampir sama dengan ke Thailand”

“oke lah,ntar ajar2in dan bantuin ane yo,besok dateline nya e.”

“yooo.”

 

after the dateline passed that person didn’t send all requirements needed for registering that program,

“mepet e waktunya,ane gak sempet buatnya”

“okelah”

“ente ikut?”

“yaa.do’ain yo.”

 

April 19th, 2011

The result of IPYCEP selection part #1

List of IPYCEP’s applicants who passed the selection part #1.

1.

2.

3.

.

.

29. Rama Rizana

 

Remarks:

  • Please note that the candidates will have an Interview Test on MONDAY, APRIL 25, 2011, at Kenari Room, WISMA KAGAMA UGM. Jalan Pancasila UGM, Bulaksumur, Yogyakarta. start from at 9.00 am.

 

“OK. prepare everything for it.”

 

April 25th, 2011

I did “Praktikum Mekanika Tanah” until 10 am, and also I had to publish the schedule of “Praktikum Ilmu Ukur Tanah”

performed Zhuhur prayer,

at 13.00 go to canteen, after it I had my lunch (or breakfast? =)) ),

and asked some of my friends (to help me) to accompany me going to Wisma KaGaMa.

*dag dig dug,no one can help because of their business*

 

for shortening the story/writing, a friend can help me,

came back to UniRes to take helmet, and “caooooo”.

 

half of the journey, it was rain.

“ini lanjutkan perjalanan atau gimana?”

“lanjutkan saja”

 

arrived at Wisma KaGaMa arround 14.52

 

asked others the interview room,no body knew,

 

*”hampir pasrah”*

 

asked to receptionist about the room,

ooo. kayaknya itu deh orangnya mas,wawancaranya dah selesai”

“matur suwun,mbak”

 

“Mas,saya Rama mau tes interview”

“oh,udah selesai,mas. tapi gak apa2 di sini aja ya,ruangannya udah dikunci”

“oke.”

 

he asked me some questions and I tried to answer it in English and after 20 minutes left,

“OK,Rama, you can see the announcement in Wednesday on AYFN website, sering2 pantau yaa”

ok,thanks. assalamu’alaykum.

 

I spent the tuesday as usual,

did my responsibility as the assistant of “Praktikum”, and then held on meeting, went to consult with two seniors,

 

Wednesday, April 27th 2011,

in location of industrial/practical work,

*browsed the AYFN website,

hmm,announcement just published,

The result of IPYCEP selection part #1

List of IPYCEP’s applicants who passed the selection part #1.

 

 

1.

2.

3.

.

.

.

.

.

16.

already gave up,

but,

19. Rama Rizana

 

Alhamdulillah.!

directly I registered for Talk Mania (TM) and called my parents, a senior and a lecturer,

 

hufft,I just realized that is the lesson and reason why I wasn’t given chance to go to Thailand,

 

many things I should prepare for my departure to Manila,

but,many obstacles I will face,

 

very expensive airfare ,passport (should be extended or make the new one?),fund,etc.

 

I hope everything will be OK.

 

and for the last I want to say,

Manilaaaaa,wait me.!!!!! I’m coming.!!!!!

 


 

A cyber cafe, Jumadil Awwal 24th, 1432 H

 

*if there’s a correction I will accept it and be very pleased,

 

I hope all of you will help and pray for me.

Categories: Journey | Tags: , , , , , , | 23 Comments

Berasa ada yang hilang – zona nyaman (1)

Bismillahirrohmanirrohiim.
 
Setiap orang (menurut saya) pasti punya atau pernah berada di zona nyaman. Terkhusus buat mahasiswa S1 (profesi yang sedang saya jalani) hal ini akan,sedang dan telah terjadi.
 
Ada beberapa tipe mahasiswa :
1. Mahasiswa aktivis – intelek
-> Tipe mahasiswa yang aktif berorganisasi tapi tak lupa/tetap memperhatikan kuliah atau tanggungjawab akademiknya. Slogannya kurang lebih :
Organisasi Mantap

, Kuliah Cemerlang
 
2. Mahasiswa aktivis
-> Tipe mahasiswa yang aktif berorganisasi, tapi tanggungjawab akademiknya terbengkalai.
 
3. Mahasiswa intelek
-> Tipe mahasiswa yang sangat memperhatikan kuliah dan serius menunaikan tanggungjawab akademiknya. Saking konsentrasinya tidak ingin terlibat di organisasi.
 
4. Mahasiswa tak bertipe
-> Kuliah malas-malasan, organisasi juga tak ikut. Paling kalau ikutan pas acara jalan-jalan atau makan-makan.
 
itulah pengklasifikasian tipe mahasiswa menurut saya.
*sumonggo ada yang mau setuju atau tidak. toh pendapat pribadi.
 
kembali ke topik tadi,
barusan hanya intermezzo.
 
ya saya seringkali berada di zona nyaman.
dan hal yang paling sulit adalah melepaskan diri dari zona nyaman itu.
 
ya ada satu zona nyaman yang kini saya tinggalkan.
baru beberapa bulan atau tepatnya 4 bulan.
alasan meninggalkannya selain karena amanah di tempat lain dan juga ada sesuatu yang sulit disatukan. *berat bener lah bahasa nie anak.
 
ketika di zona baru sekarang begitu banyak yang berasa hilang.
banyak,
dan saya harus tetap kuat.
 
 
sekian.
 
 
*tulisan yang tidak jelas ujung-pangkalnya.



 
 
WarNet dekat asrama, 29 Rabi’ul Akhir 1432 H
Categories: Sebuah Cerita | Tags: , , , , | 3 Comments

Ahlan Wasahlan Amanah Baru

Bismillahirrohmanirrohiim.

Assalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarakatuh..

Ikhwah fillah,tak terasa besok (15 Safar 1431 H) adalah saat pelantikan kepengurusan baru Jama’ah Al-Anhar (JAA) periode 2010..

Ya periode baru.. Periode kepengurusan lalu sudah selesai dan masing2 dari kita, anggota keluarga besar JAA mendapat amanah baru lagi..

Sudah dilobi,kan.??

Ada amanah yang kita harapkan, namun banyak juga yang mendapat amanah tidak sesuai harapan..

*lirik beberapa Ikhwan*

Ada yang dipindah ke wilayah kerja yang lain (dibandingkan periode kepengurusan tahun lalu..)

Ada yang berpindah posisi, namun tetap di departemen/wilayah kerja yang sama dengan periode yang lalu..

Apapun amanah yang akan kita emban selama satu periode kepengurusan ke depan tidak masalah.. Yang menjadi masalah, Apakah kita sudah siap mengemban dan menjalaninya dengan maksimal.??

Yang terpenting dari semuanya adalah NIAT..

Ya.. Niat..

Niat adalah masalah yang sangat urgen dan mendasar..

Niat adalah pondasi dari segala aktivitas..

Kalau niat saja sudah salah, seterusnya ya pasti salah..

Hadis riwayat Umar bin Khathab ra., ia berkata:

“Rasulullah saw. bersabda: Sesungguhnya pekerjaan itu tergantung pada niatnya, dan bagi setiap orang apa yang telah ia niatkan. Barang siapa yang tujuan hijrahnya menuju Allah dan Rasul-Nya, maka (pahala) hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya. Dan barang siapa yang tujuan hijrahnya adalah untuk mendapatkan dunia atau seorang wanita yang akan ia nikahi, maka hijrahnya itu kepada apa yang kehendaki” (HR. Muslim)

‘Umar bin Al-Khattab, may Allah be pleased with him, reported:
The Messenger of Allah (may peace be upon him) said: (The value of) an action depends on the intention behind it. A man will be rewarded only for what he intended. The emigration of one who emigrates for the sake of Allah and His Messenger (may peace be upon him) is for the sake of Allah and His Messenger (may peace be upon him); and the emigration of one who emigrates for gaining a worldly advantage or for marrying a woman is for what he has emigrated. (Narrated by Muslim)

Ya itu adalah hadits tentang niat.. Hadits pembuka, hadits pertama dalam Hadits Arba’in An-Nawawiyah..

Niat adalah bab pembuka di kitab Riyadhus Sholihin.. Mengapa demikian.?? Ya karena niat adalah masalah yang sangat fundamental..

Hadits niat ini masuk dalam 70 bab dalam fiqh? Mengapa? Karena niat akan menentukan kualitas amal, apakah amal itu menjadi amal ketaatan atau malah merosot nilainya menjadi maksiat. Semuanya kembali kepada niat.

�Berapa banyak amal yang remeh menjadi besar karena niat. Dan berapa banyak amal yang besar menjadi remeh karena niat.� (Abdullah bin Mubarak)

Berikut ini ada kisah tentang tiga orang yang seharusnya masuk surga, namun karena NIAT akhirnya mereka masuk ke neraka..

“Yang pertama kali dibakar api neraka pada hari kiamat adalah tiga golongan, orang alim, mujahid dan dermawan.
Adapun orang alim, maka Allah mendatanginya dan menanyainya, ” Apa yang dahulu engkau perbuat di dunia??” Dia menjawab,” Aku menuntut ilmu di jalan-Mu, lalu aku sebarkan ilmu itu karena mencari keridhaan-Mu.” Maka dikatakan kepadanya,”Engkau dusta! Sebenarnya engkau mencari ilmu supaya dikatakan sebagai orang alim..” Kemudian diperintahkan malaikat penjaga neraka untuk menyeretnya, maka dilemparkan dia ke dalam neraka..

Kemudian didatangkan seorang dermawan, maka dia ditanya, ” Apa yang dahulu engkau perbuat?” Dia menjawab,”Aku mencari harta yang halal, kemudian aku belanjakan harta itu di jalan-Mu.” Maka dikatakan kepadanya,” Engkau dusta! Engkau belanjakan hartamu supaya manusia menyebutmu dermawan.” Kemudian diperintahkan malaikat penjaga neraka untuk menyeretnya, maka dilemparkan dia ke dalam neraka..

Kemudian yang ketiga,”Apa yang dahulu engkau perbuat di dunia?” Dia menjawab,” Aku berperang di jalan Allah, sehingga aku mati terbunuh.” Maka dikatakan padanya,” Engkau dusta! Engkau berperang supaya dikatakan orang sebagai pemberani.” Kemudian diperintahkan malaikat penjaga neraka untuk menyeretnya, maka dilemparkan dia ke dalam neraka..”

Coba kita baca, pahami dan amalkan kisah tersebut.. Betapa kalau salah NIAT, kalau NIAT bukan karena Alloh, maka kita tidak akan mendapatkan apa2..

Amanah-amanah yang kita kerjakan dengan mengorbankan banyak hal, waktu, tenaga, pikiran, bahkan uang, akan sia-sia dan tidak akan mendapatkan balasan apa-apa jika niat kita salah..

Ana tidak perlu mengetik dan menjelaskan terlalu panjang, karena ana yakin antum/na semua tau dan paham apa yang ana maksud.. Ya sebelum kita dilantik esok pagi, hendaknya kita memasang niat di dalam mengemban amanah dakwah ini, dalam menjalani tugas ini, karena Alloh.. hanya karena Alloh, tidak karena yang lain..

Bukan karena ingin dipuji sebagai para aktivis dakwah..

Bukan karena ingin menarik perhatian ikhwah (baik ikhwan maupun akhwat)..

Atau karena alasan lainnya..

Jangan sampai, Ikhwah Fillah..

Niat itu harus dan mutlak karena Alloh..

Semoga kita bisa istiqomah dan menjalankan semua ini karena Alloh, karena mengharap ridho-Nya semata..

Semoga kerja-kerja dakwah kita bermanfaat bagi kampus kita tercinta, banyak agenda besar di depan mata..

Semoga kita bisa saling bekerja sama dan paling penting saling mengingatkan dalam kebaikan dan kesabaran dan karena Alloh..

Dan semoga kita termasuk golongan orang-orang yang selaras antara perkataan dan perbuatan..

Semoga kita termasuk golongan orang-orang yang bisa seimbang antara amanah kuliah dan amanah lain..

Terakhir, kata-kata dari ana..

“amanah itu HARUSNYA membuat diri lebih dewasa dan bergairah,BUKANNYA membuat diri lelah,lemah apalagi mudah menyerah..”
by : Rama Rizana

Wallohu a’laam bisshowab..

Afwan minkum..

Tetap semangat..!! Hamasah.. Ganbatte kudasai.!! Jia you.!!

Wassalamu’alaikum Warohmatullohi wabarakatuh..

Rama Rizana

Teknik Sipil ’08

Bendahara SKIFT Al-Muhandis periode 2008-2009

Categories: Nasehat, Opini, Organisasi, Sarjana, Studi | Tags: , , , | 13 Comments

Rezeki itu datang dari arah yang tak terduga

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh..
Bismillahirrahmanirrahiim..

Huffh.. Akhirnya bisa online di asrama juga, walau dengan laptop minjem.. rencananya mau ngerjain proyek dari dosen, baru selesai empat lembar.. he..8x.. sekalian nge-cek account hotspot kampus bisa apa kagak.. *bagian gak penting*

ok..
*bingung mau mulai cerita dari mana*

ok.. jadi begini, Alhamdulillah ana dapat proyek kecil-kecilan tapi datanya banyak.. gak tau dapat upah atau kagak, yang penting pengalaman.. #QN ana,”it’s not about salary/money, but it’s about experience”

cerita dapat proyeknya pun agak lucu bagi ana dan gak masuk akal..

jadi awalnya itu, pada hari Selasa, hari pertama kuliah, seperti biasa ana ke kampus.. masuk kuliah pertama jam setengah 10.. masuk mata kuliah Teknologi Bahan Konstruksi dengan Dosen TBK..
cukup kilat dan singkat kuliahnya.. sekitar 45 menit..
Ibu itu menyampaikan materi2 apa saja yang akan dibahas di kuliah yang kami singkat dengan TBK ini.. *hobi kami, khususnya ana menyingkat2 kata, apalagi yang panjang, biar gampang.. he..8x.

lalu ibu tu memberikan daftar buku acuan dan juga cara penilaian.. lalu ibu itu bertanya, “apakah ada yang ingin ditanyakan..?”
kami serentak menjawab, “tidak ada,Bu..” (berasa kayak ana SD.. )

lalu ibu itu melanjutkan pembahasannya.. tak kirain mulai masuk materi, rupanya ibu itu menyelesaikan kuliahnya..

ana keluar, eh teman2 pada salam2an,peluk2an,cium2an,bergandengan tangan.. *lho..??
kayak ibu2 arisan yang udah lama gak ketemu, padahal ceweknya cuma 2 orang.. hi..8x.. dodol.. *minjem kata Mbak Dewi “Dedew” -> kata2 saya juga itu,Mbak.. #protes..

lalu, ana pergi makan dengan Akh Dani dan Akh Muna ke warung yang katanya murah.. lalu ke asrama istirahat sebentar dan sholat Zuhur..

selanjutnya ke kampus, langsung ke Pengajaran (tempat dosen ngabsen dan juga daftar jadwal kuliah)

waktu kesana, pandangan langsung difokuskan ke papan tulis absen dosen.. huffh belum ada nama Dosen Hidraulika.. memang bapak dosen yang satu itu, dikenal sibuk, dan lumayan jarang masuk.. tapi ntah mengapa, waktu semester dua lalu, beliau lumayan sering masuk kelas.. padahal angkatan2 sebelumnya, beliau pernah cuma masuk dua kali..

selaku mahasiswa yang baik hati dan rajin menabung serta tidak sombong.. ana langsung menelepon itu bapak sambil ngeliat2 jadwal.. pikiran ana tertuju ke mata kuliah Perancangan Geometrik Jalan yang mendadak dosennya berubah.. sebelumnya ada dua dosen dan kemudian hanya diampu oleh satu dosen..

ntah karena ana masih belum connect to server, ntah karena ngelamunin apa, terpencet nama dosen Transportasi padahal ana mau nelpon dosen Hidraulika.. (gak nyadar)
waktu nyambung telponnya dan diangkat, lalu bapak di seberang sana bicara, dan ana heran kok suaranya beda,spontan ana langsung liat ke nama kontak dan langsung mematikan hubungan telpon..
kemudian bapak itu menelpon balik.. ana diemin saja, sampai akhirnya mati sendiri.. (ana kan anak baik, tidak sombong, dan rajin menabung.. )
lalu, ana nelpon balik untuk minta maaf,dan terlintas di pikiran ana menanyakan perihal proyek.. soale bapak itu sering memberikan proyek ke mahasiswa.. itung2 memberikan pengalaman.. bapak itu bilang, nanti ya Mas Rama, kalau ada saya beritau.. -> sip,Pak..

hari pun berjalan sampai matahari terbenam dan kemudian terbit lagi..

hari dimulai seperti biasa, bangun tidur, sholat jama’ah, ngerjain suatu aktivitas yang telah disensor oleh Tim Sensor RR, lalu ana ada urusan di suatu tempat dengan jemputan salah seorang senior,lalu ke kampus..
masuk ke kuliah Perancangan Geometrik Jalan..
di tengah kuliah, ana bener2 gak konsen.. pas bapak nya nanya,”apa yang kita butuhkan dalam membuat jalan.?”
lalu teman2 sekelas bergantian menjawab.. eh ternyata jawaban2nya pada ngawur semua..
lalu tiba2 hp ana bergetar.. liat namanya, dosen Transportasi.. wadaw.. ada apa ini..
di tengah kuliah ana mengangkat telpon bapak itu dan intinya bapak itu bilang bahwa beliau menunggu ana di parkiran.. *waduh ada apa ini, mau ngajakin berantem ya bapak ini.. he..8x.. ngawur..

dan kemudian ana dan teman ana (bapak itu juga nyuruh bawa teman) ke parkiran dan kemudian kami + bapak itu ke UGM..
eh.. singkat cerita kami diberi proyek input data survey transportasi yang cukup banyak, ada sekitar dua kardus AQ** tu kertas survey..
di perjalanan bapak itu bilang,”wah,, kalau Mas Rama gak nelpon saya kemarin, mungkin nek pekerjaan ini gak saya berikan ke Mas..”
terus ana bilang,”wah saya kan cuma salah sambung,Pak..”
bapak itu,”kan tetep saja.. kalau mas Rama gak nelpon, saya gak tau mau nyari yang bantu pekerjaan ini siapa..

eh, ternyata telpon salah sambung itu bisa bawa rezeki yang tak terkira.. walaupun ana gak berharap dapat uang (walau di hati juga berharap ),sing yang penting pengalamane..

*agak aneh tulisan ini.. maklum ditulis dalam keadaan ngantuk,seperempat sadar dan terbagi pikiran akan proyek ini..

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh..

Categories: Sarjana, Sebuah Cerita, Studi | Tags: , , | 9 Comments

Blog at WordPress.com.