(CS2/ALJTSA) Contoh Lain Hal Tak Terduga di Sini – Lika-liku Daftar Part-Time Job Term 141

Bismillaahirrahmanirrahiim.

Hidup di negeri ini seringkali bertemu dengan hal-hal di luar perkiraan, seperti siang ini. Setelah kuliah dan dihadapkan ke term project baru, di perjalanan balik ke kamar saya sempatkan ke DGS untuk menanyakan daftar terbaru yang bisa bergabung ke KFUPM semester depan. Selesai urusan, stafnya bertanya,

Have you checked e-mail?

What kind of e-mail? I just finished my class.

Regarding part-time job.

Ehhh, sontak kaget karena memang tak pernah daftar part-time job di DGS.

Sekilas gambaran, menjadi mahasiswa di Arab Saudi, selain alhamdulillaah kuliah gratis, tiket liburan musim panas tiap tahun, dapat juga uang saku bulanan. Sebenarnya itu sudah cukup, tapi jika mau dapat tambahan ada peluang, tapi bukan dengan kerja paruh waktu seperti yang mungkin sering dilakukan teman-teman mahasiswa di negara lain. Tidak dibolehkan kerja di luar kampus karena visa yang diberikan adalah visa studi. Nah, peluang untuk dapat tambahan uang saku ialah dengan bekerja paruh waktu di dalam kampus. Bisa dengan ikut proyek dosen (penelitian), bisa juga daftar di bagian kemahasiswaan (Student Affairs). Pilihan kerja yang ada mulai dari menilai tugas/PR mata kuliah (grader) -biasanya mata kuliah S1-, dan ada juga kerja di departemen/unit kampus lainnya, seperti perpustakaan, di jurusan sebagai web designer, dan sebagainya.

Nah dari semester pertama lalu sebenarnya ingin daftar kerja paruh waktu itu ini, -selanjutnya disingkat PT-, tapi ya karena masih baru jadi belum tau jelas mekanismenya. Sempat daftar jadi grader di Departemen Kimia, tapi ya tidak keterima, padahal sudah sering mantengin status aplikasi. Setelah tanya langsung ke ketua departemen, baru tau ditolak, kata beliau sudah ada yang menempati posisi itu. Ya wajar kali ya, anak Teknik Sipil koq ya nekad daftar jadi grader di departemen kimia. Ahahaha.

Akhirnya semester kedua ini mencoba mendaftar. Awalnya yang paling memungkinkan ialah ikut proyek penelitian dosen, karena dosen pembimbing (academic advisor) sudah memberi sinyal di awal semester, tapi terakhir masih dalam proses negosiasi dengan mitra. Peluang selanjutnya ya daftar di kemahasiswaan.

Sama seperti semester lalu, pendaftaran lewat webnya Counseling and Advising Center(CAAC) KFUPM, ya seperti bagian di Biro Kemahasiswaan, Alumni dan Pengembangan Karir (BKA-PK) kalau di UMY. Tapi untuk mengantisipasi posisi yang “diincar” ditempati orang lain, maka saya sesegera mungkin mengirimkan e-mail ke ketua departemen City and Regional Planning (CRP). Kali kedua daftar malah bukan di departemen sendiri. Ya sudah sadar diri duluan, karena mata kuliah yang ditawarkan peluang PT ya mesti mata kuliah Struktur, dan syarat daftarnya harus mahasiswa konsentrasi Struktur. Selain juga karena sudah kebayang ruwetnya Analisis Struktur dan anggota keluarga mata kuliah struktur lainnya. Lalu, kenapa daftar di CRP? Karena semester lalu sempat ambil mata kuliah di sana dan alhamdulillaah lulus melewati syarat nilai minimal jadi grader :D.

Beberapa hari kemudian datanglah balasan e-mail dari Ketua Departemen CRP bahwa prosedurnya tetap harus daftar ke bagian kemahasiswaan. Baiklah, menunggu pendaftaran PT dibuka.

Beberapa hari dan pekan berlalu, tak ada jua tanda-tanda dibuka, akhirnya iseng ke kantor CAAC buat bertanya tentang PT. Katanya sabar saja, pekan depan dibuka insyaAllah. Ternyata setelah ditunggu-tunggu tak juga ada, akhirnya sempat terlupa dan diberitau teman tau-tau udah dibuka aja pendaftarannya.

Sesegeranya langsung mendaftar lewat web CAAC, dan tentu saja pilihan pertama graderdi CRP. Nah, selanjutnya bingung pilihan kedua dan ketiga mau diisi apa, karena tentu saja harus benar-benar membaca pilihan kerja yang ditawarkan. Kalau di departemen sendiri tentu saja kagak ada yang bisa didaftar, sesuai dugaan mata kuliah struktur semua isinya. Setelah dilihat-lihat dipilihlah sebagai staf di Information and Technology Center (ITC). Dan masih saja bingung untuk pilihan ketiga. –__–”

Setelah mencermati, pilihan ketiga akhirnya diisi dengan mata kuliah yang sama di CRP, tapi untuk posisi berbeda. Pilihan ketiga ini benar-benar coba-coba dan iseng, karena dari segi persyaratan jelas saya udah kagak masuk. Hihihihi. Dan ini dia rangkuman aplikasi PT di Term 141.

Beberapa hari kemudian adalah waktunya pengumuman, dan kejutannya ialah malah keterima di pilihan ketiga yang sebelumnya diprediksi kagak bakalan lulus. Saya tercengang dan langsung teringat sama seorang dosen Korea yang ditemui di Financial Department tempo hari yang ternyata menjadi dosen pengampu mata kuliah tersebut di semester ini. Posisi kerja ini cukup “unik”, ya sebagai kata ganti “aneh” karena yang teringat malah kebijakan UMY waktu jadi asisten dosen tahun lalu, yakni di kelas sesi pertama dimulai dengan membaca ayat Al-Quran selama 5-15 menit, salah satunya bisa dengan sang dosen menuliskan ayat di papan tulis, lalu mencontohkan bagaimana bacaan sesuai dengan tajwid, sebagai salah satu bentuk latihan bagi mahasiswa, karena sudah mafhum bahwa salah satu syarat seminar skripsi/tugas akhir di UMY ialah harus lulus baca Al-Quran. Nah, itu yang terlintas di benak saya kala membaca “Recitation Class Assistance”. Hehhehe.

Dua hari berselang saya ke CRP buat memastikan nominasi pekerjaan ini, karena setelah nanya ke dosen Korea tersebut lewat e-mail, beliau juga belum tau prosedurnya. Ketemu koordinator departemen bagian urusan PT beliau bilang bahwa ketua departemen sudah men-assign 6 nama dan tidak ada nama saya tercantum. Lah, sontak bingung karena kan jelas-jelas sudah keterima. Lalu, dijawab bahwa ketua departemen selanjutnya tidak meng-acc posisi tersebut.

Wis jan, PHP tenan iki, udah ditawarkan, terus ada yang daftar, lalu ditolak. –____–”
Ahahaha,

Dua hari berikutnya ingin bertanya langsung ke ketua Departemen CRP sekaligus silaturrahim sebagai mahasiswa yang pernah mengambil mata kuliah beliau. Rupanya berpapasan dengan beliau sedang rapat. Selanjutnya tak lagi saya pikirkan tentang PT itu, mungkin memang belum rezeki.

Beberapa hari kemudian dapat e-mail bahwa masih ada peluang PT, tapi karena status aplikasi saya masih tertulis “NOMINATED” jadinya tidak bisa daftar lagi. Semakin lengkap rasanya diberi HP ini (baca: Harapan Palsu), ahahahaha.

Hingga akhirnya pekan kemarin datang ke DGS dan diberitau ada e-mail tentu saja ini keterkejutan yang cukup membahagiakan. Karena sudah sempat tak berharap PT dan juga memang tidak pernah daftar di DGS.

Oh ya,teringat, palingan sempat ketemu Dean Graduate Studies, silaturrahim, dan sempat curcol diberi HP sama CRP. Dan beliau menanggapi,
If you come two weeks before you can apply part-time here.”

Ternyata sepertinya beliau teringat curcol saya itu dan mendaftarkan nama saya langsung ke sistem aplikasi.

Dan alhamdulillaah semenjak pekan lalu mulai kerja PT di Deanship of Graduate Studies, jadwalnya satu hari penuh dalam seminggu dan ini semakin mempertegas hipotesis para pendahulu/senior bahwa hidup di Arab Saudi banyak hal yang tak terduganya. :’)

Ditulis pertama kali: Dhahran, 26 Muharram 1436 H atau 19 November 2014 M

Categories: Journey, Master | Tags: , , | 2 Comments

Post navigation

2 thoughts on “(CS2/ALJTSA) Contoh Lain Hal Tak Terduga di Sini – Lika-liku Daftar Part-Time Job Term 141

  1. tulisan yang menarik, jadi tau sulitnya mau kerja PT di kampus🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: