(CS2) Pembelajaran dari “podium” presentasi

Bismillaahirrahmanirrahiim.

Mencoba merangkai kata demi kata untuk merekam jejak perjalanan selama di sini, apalagi semester pertama telah usai….

Tiga mata kuliah yang diambil di semester perdana ini punya ciri dan kenangan yang berbeda, khususnya terkait tugas yang diberikan. Untuk mata kuliah statistik tugasnya adalah tugas mingguan mengerjakan soal-soal. Mata kuliah perencanaan dan desain bandara diharuskan mengerjakan latihan soal yang dikumpulkan di akhir semester beserta report mengenai bandara dan pesawat yang telah ditentukan di awal semester. Nah, tugas yang benar-benar membekas di semester perdana ini ialah tugas presentasi untuk mata kuliah perencanaan dan pemodelan transportasi perkotaan. Sebenarnya cukup tak mengherankan kalau membaca dua tujuan utama perkuliahan ini, yakni:

  • how to study by own-self to get information
  • presentation skill

Jadilah dua hal ini yang menjadi pembekas jejak mata kuliah ini.
Awalnya mahasiswa yang ada adalah 4 orang, lalu di minggu kedua perkuliahan ketambahan 2 orang mahasiswa part-time. Di minggu ketiga satu orang cuti karena ada training dari perusahaannya ke UK. Setelah dirasa cukup settle jumlah mahasiswanya barulah dosen mata kuliah ini membagikan bab demi bab untuk presentasi perdana. Tapi karena ketidaksesuaian jadwal dengan satu mahasiswa part-time tersebut (dia baru bisa ngampus setelah jam 3 sore,sedangkan jadwal kuliah sudah tidak bisa berganti karena awalnya udah ganti) maka kembalilah jumlah mahasiswa ke jumlah semula, yakni 4 orang. *udah kayak survei cak lontong aja :v

4 orang mahasiswa yang berasal dari 4 negara berbeda dan 4 semester yang berbeda. Mahasiswa tertua (semester 4) dari Saudi, mahasiswa semester 3 dari Bangladesh, mahasiswa semester 2 dari Palestina dan terakhir mahasiswa baru dari Indonesia. Benar-benar keberagaman dalam satu kelas yang jumlah mahasiswanya amat sangat sedikit.๐Ÿ˜€

Kembali ke topik semula tentang presentasi.
Oke,
Sewaktu kuliah S1 dulu, tugas presentasi termasuk yang paling saya sukai karena itulah kesempatan berceloteh dalam waktu yang lama. Lalu bagaimanakah presentasi di kuliah S2 ini?

Dua giliran awal dibuka dengan sangat amat cemerlang oleh dua mahasiswa tertua yang membahas bab 3 Data and Space. Ini tentunya jadi batu pijakan yang amat sangat tinggi bagi juniornya terutama saya yang mendapatkan giliran berikutnya.
Mendapat jatah untuk membahas Bangkitan Perjalanan (Trip Generation) awalnya terlihat mudah bagi saya karena pernah mempelajari waktu ambil mata kuliah Perencanaan Transportasi dahulu. Tapi melihat presentasi para senior membuat saya cukup agak “keder” dan sukses memicu stres yang kemudian membuat maag kambuh. wahahahaha. Belum lagi persiapan presentasi yang dilakukan di “injury time” membuat segala sesuatunya tampak lebih buruk. Well, referensi yang saya dapatkan cukup membantu membuat presentasi agak mendingan kayaknya.

Saya membuka presentasi dengan cukup baik ketika menjelaskan istilah-istilah dan konsep dasar Bangkitan Perjalanan yang merupakan tahap awal dari 4 Tahap dalam Perencanaan Transportasi, meskipun sempat dibantu dijelaskan kembali oleh dosen karena kata-kata yang saya gunakan cukup berlibet. >,< =))
Lalu, tatkala masuk ke dua metode yang digunakan yakni Growth Factor dan semakin menjadi di Cross-Classification membuat diri bertambah grogi. Dosen pun sempat meminta saya untuk tenang, “calm down, Rama.”, dan yang terbayang ketika itu ialah saya ingin melambaikan tangan di kamera.
mana kamera, mana kamera, saya nyerah,” wkwkwkwk

Di akhir presentasi, wejangan pun diberikan yang intinya saya harus introspeksi apa kekurangan diri.
Oke, kekurangan utama adalah pemilihan kata yang berlibet karena terasa amat bedanya presentasi dengan bahasa sendiri dan bahasa asing. Mungkin juga karena udah lama gak latihan ngomong di depan umum pake bahasa Inggris semenjak resign dari rumah di dekat kampus yang amat sangat nyaman dihuni selama 4 tahun itu.๐Ÿ˜€

Hari demi hari berlalu, dan tibalah pembagian giliran presentasi untuk kali kedua. Kali ini dapat jatah membahas bab yang beliau bilang tidak begitu sulit dan sebenarnya tidak begitu penting -__-“, ya sudah saya memilih untuk berkonsentrasi ke hal yang lebih penting ketika itu, yakni ujian mid mata kuliah bandara.๐Ÿ˜€
Ketika hari H presentasi, mulailah saya menjelaskan bab yang merupakan jatah saya, yakni Specification and Estimation of Discrete Choice Model. Saat mempersiapkannya sebenarnya terlihat lebih mudah karena sangat terbantu penjelasan bagian utama Discrete Choice Model oleh temen dari Bangladesh. Oke,
Terasa semakin “enteng” karena sang dosen beberapa kali saya meloncat ke slide-slide selanjutnya.
Nah, ketika masuk penjelasan mengenai sistem rangking dan rating dalam discrete choice model saya dicecar beberapa pertanyaan. *bener, ini berasa lagi interview.
komat kamit dengan lirih do’a Nabi Musa ‘alaihissalam diucapkan. ternyata Alhamdulillaah jawaban yang keluar dari mulut saya cukup memuaskan yang sebenarnya saya agak gak nyangka kenapa bisa kepikiran jawaban itu, padahal pas baca-baca cuma selintas paham.

Contoh soal mengenai hubungan variabel di Discrete Choice Model “mewariskan” tanggungan bagi saya untuk dipresentasikan di pertemuan selanjutnya. Oke, yang terlintas di bayangan adalah “momok” maag yang kerap datang sebelum presentasi selama di sini itu belum kelar, dan semakin menjadi tatkala dengan nyantainya dosen menutup kelas dengan (yang intinya) : “oke, setelah presentasi 5 menit dari Rama di pertemuan yang akan datang, dilanjutkan dengan laporan progress Term Project, lalu presentasi bab Traffic Assignment dan bab terakhir dari kuliah ini akan dipresentasikan oleh Rama, karena bab 8 ini sangat mudah.

—____—”

Di pertemuan berikutnya itu cukup 5 menit bagi saya untuk menjelaskan “tanggungan” itu karena yang saya tampilkan adalah kesimpulan, jadi ya mana bisa terdeteksi dari mana datangnya koefisien positif dan negatif itu. —”

Di kesempatan ketiga yang merupakan “bonus” bagi saya itu adalah jatah membahas Equilibrium and Dynamic Assignment. Jauh hari sebelum presentasi, saya langsung konsultasi ke dosen untuk mendapatkan saran bagian mana saja yang harus dipresentasikan. Komentar beliau saat baca bab itu, “Well, this is too advanced for you, guys.”, Dan komentar ini juga pernah beliau utarakan tatkala memberikan penilaian mengenai buku rujukan yang didapat di mata kuliah ini.
Sempat ingin bersorak karena ada kemungkinan saya gak jadi presentasi. Ehh ya akhirnya harus presentasi meski “cuma” beberapa lembar saja yang harus dibahas. –”

Relatif sama dengan jatah presentasi sebelumnya, beliau banyak menyuruh saya untuk cepat-cepat beranjak ke slide berikutnya. Nah, giliran istilah “bottleneck” baru beliau lama memperhatikan. Di akhir presentasi dapat penjelasan tambahan dari beliau khususnya mengenai istilah itu.

Dan akhirnya tugas presentasi yang diemban di semester perdana untuk mata kuliah ini pun ditutup dengan presentasi laporan term project yang dilaksanakan selama 1 bulan.

Secara umum, cukup banyak pelajaran berharga yang bisa dipetik dari tugas yang cukup memberikan tekanan ini seperti yang beliau sampaikan di pertemuan akhir membahas nilai akhir mata kuliah ini (lebih kurang). “Well, I know you get big pressure on this course.

Di antara pelajaran berharga itu ialah mengenai persiapan dan latihan presentasi. Banyak orang yang punya ide bagus, tapi hanya sedikit yang bisa menjelaskan idenya tersebut hingga bisa membuat orang lain paham. Dan juga pelajaran lainnya ialah self-learning. Semoga ilmu yang diperoleh di semester ini bisa bermanfaat.๐Ÿ™‚

Oke, demikian tulisan dengan topik yang cukup lama ingin dituliskan, bahkan semenjak sesaat setelah presentasi perdana itu, tapi baru sekarang tergerakkan untuk menuntaskan. Jadi harap dimaklumi kalau “sense” nya kurang “greget”.

Di tengah semakin teriknya udara Dhahran, 3 Sya’ban 1435 H

Categories: Master, Studi | Tags: , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: