(CS2) Selamat datang liburan tengah semester?

Bismillaahirrahmanirrahiim.

Tak terasa pekan ini ialah pekan terakhir menjelang liburan tengah semester. 1 pekan lamanya diberikan untuk bisa rileks sejenak dari “kepungan” tugas, PR, teori-teori dan berbagai spesies kawan-kawannya yang mewarnai hari-hari sebagai mahasiswa pascasarjana. Sebenarnya jika dibandingkan dengan masa-masa S1 dulu atau ketika masa penantian keberangkatan ke sini, jadwal kuliah di sini tidaklah berat. Di semester pertama kuliah di sini saya “cuma” mengambil 3 mata kuliah -sebagaimana pernah saya tulis di catatan dan status FB sebelumnya-. Kalau S1 dulu tiap semester hampir selalu mengambil 24 SKS. Hari perkuliahan pun sekilas tampak “bersahabat”, karena -lagi-lagi- “cuma” dua hari, yakni hari Ahad dan Selasa. Lalu 3 hari kerja (Senin, Rabu dan Kamis) dan 2 hari libur akhir pekan (Jum’at dan Sabtu) -yang totalnya 5 hari- sebenarnya menjadi waktu-waktu yang sangat “menggiurkan” buat berleha-leha. Menjadi magnet bagi tangan untuk menarik selimut tebal dan sangat menggoda mata untuk terpejam. Ataupun magnet bagi jari jemari untuk memainkan mouse dan keyboard buat berselancar di dunia maya dengan kecepatan yang cukup mumpuni. Sungguh godaan yang cukup berat yang harus dilalui.

Semakin mendekati akhir semester perdana ini, semakin berat godaan tersebut terasa. Tugas demi tugas baru pun bermunculan sebagai “pentungan” dan peringatan bagi diri. Satu mata kuliah -seperti yang pernah dituliskan di catatan sebelumnya- cukup nyaman saya lalui, karena tantangan yang harus dilewati “cukup” mengerjakan PR mingguan yang harus disetorkan setiap hari Ahad. Untuk penilaian PR pun tampaknya tidak begitu ketat,alhamdulillaah sejauh 5 bab pertama nyaris mulus 100%. Nah, adapun dua mata kuliah lainnya, mata kuliah dari departemen sendiri memberikan efek : “beginilah perkuliahan mahasiswa pascasarjana, dan ini baru tahapan S2, Rama”.

Gambaran lanjutan terhadap dua mata kuliah tersebut:

Mata kuliah inti (core course), Urban and Transportation Planning/Modelling, di awal perkuliahan tampaknya masih mulus dilewati, karena terlihat tugasnya “hanya” presentasi dari rangkuman cuplikan buku yang diberikan. Tapi, ternyata setelah dijalani sungguh terasa didikan alumnus Jepangnya. Untuk cerita mengenai presentasi ini semoga bisa dituliskan kemudian -yang seharusnya udah tertuliskan sebelum tulisan ini :D-

Dan -tapi yang kedua- tugas presentasi itu bukanlah satu-satunya tugas yang menjadi “santapan” kami berempat yang mendaftar mata kuliah ini dan merupakan jumlah terbanyak sepanjang sejarah mahasiswa mengambil mata kuliah ini😀 (karena biasanya yang mengambil paling 1 atau 2 orang). Dua pekan lalu -jika tidak silap- dosen pengampu mata kuliah ini memberikan secarik kertas poin-poin tugas baru yang harus “dilahap”. Tugas yang disebut “mid-term project” tersebut adalah tugas kelompok, kelompok yang terdiri dari dua orang, dan masing-masing kelompok mendapatkan jatah satu lokasi studi. Academic building area dan KFUPM school.

Di proyek tengah semester ini diberikan waktu hanya 1 bulan untuk melakukan studi transportasi di lokasi yang telah ditentukan, mengumpulkan data, melakukan simulasi, analisis, membuat presentasi hingga membuat laporan akhir. Dan di kelas tadi beliau memberikan informasi baru bahwa ketika presentasi hasil proyek tersebut, beliau akan mengundang beberapa orang untuk memberikan penilaian terhadap presentasi masing-masing kelompok. Yap sesuai dengan apa yang beliau katakan ketika memberikan tugas besar ini -kurang lebih- :”You should do this project as real engineer since you are not undergraduate student anymore, you are now master student

Adapun mata kuliah terakhir yang merupakan mata kuliah pilihan, Airport Planning and Design, adalah mata kuliah yang setiap hendak dimulai kelasnya, bahkan ketika mau berangkat ke kampus, sering merasakan dag dig dug, bakalan ditanya apa lagi ini. Puluhan istilah diterangkan di tiap pertemuan, dan istilah tersebut tak hanya seputar bandara, tapi juga tentang moda transportasi di bandara. Yap, pesawat!

Tak cukup sampai di situ, di tiap pertemuan tiap mahasiswa yang berjumlah 5 orang itu harus membayangkan sedang menjalani berbagai peran. Ketika membahas instrumen-instrumen di landasan pacu dan fasilitas lain di bandara,

Imagine that you are a pilot, what you will do if you want to do landing“,

Alhasil bagi saya yang saat mengambil mata kuliah serupa di S1 dulu diterangkan hanya seputar bandara, membuat otak ini bekerja lebih.

Hingga di suatu saat makan-makan di asrama seperti biasanya, diputarlah film Jepang tentang penerbangan oleh seorang senior. Di saat film diputar bukannya menikmati film sebagaimana mestinya, saya malah sibuk memutar otak di tiap scene, “bentar, bentar, ini istilah apa ya, pernah diterangin waktu kuliah.

atau,

oh, jadi begitu kerjanya air traffic control crew.

Di latihan soal yang diberikan, berbagai peran juga dilakoni, mulai dari peran dasar sebagai perencana bandara (menghitung dimensi landasan pacu, dkk) hingga aspek manajemen, seperti melakukan estimasi jumlah penumpang, dan sebagainya.

Adapun untuk tugas besar, diminta untuk menggali informasi sebanyak mungkin terkait bandara dan jenis pesawat yang telah ditentukan di awal semester. Informasi yang harus digali sesuai dengan apa yang telah dipelajari yang berarti semua topik yang mayoritas menggelayuti pikiran ini. B-)

Sekarang tinggal persiapan untuk kuliah nanti malam, kuliah terakhir menjelang liburan tengah semester.

Dan……

apakah esok waktunya mengatakan, “Selamat datang liburan tengah semester”?

atau, tak ada bedanya kah antara liburan tengah semester dengan hari-hari biasa?

Karena waktu yang diberikan untuk mengerjakan mid-term project tidaklah lama dan harus dikerjakan seprofesional mungkin, maka sepertinya liburan tengah semester harus dihabiskan dengan pergulatan tugas dan kawan-kawannya itu.

Dan juga…..

yang perlu dijadikan pengingat ialah ujian mid semester sudah menanti di gerbang akhir liburan 1 pekan nanti.

Semoga di liburan 1 pekan ini bisa pergi ke tempat ternyaman dan paling diidam-idamkan setiap Muslim di manapun di seluruh dunia.

Dan akhirnya, beginilah kehidupan mahasiswa pascasarjana, seperti yang sering saya lihat-lihat di komiknya PhD Comics. Dan ini baru semester perdana lho. Let’s enjoy!

http://www.phdcomics.com/comics/archive.php?comicid=1338

http://www.phdcomics.com/comics/archive.php?comicid=1503

http://www.phdcomics.com/comics/archive.php?comicid=1231

Dhahran, Asy-Syarqiyyah, 17 Jumadil Ula 1435 H

Categories: Master, Sharing, Studi | Tags: , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: