Saat Masa Berganti,……..

Bismillaahirrohmanirrohiim.
Siang berganti ke malam, setelahnya giliran malam berganti ke siang. 7 hari yang bergantian, 12 bulan yang berpindah-pindah, begitulah perputaran masa.
Pun begitu dengan siklus kehidupan, seorang bayi yang baru lahir dan disambut oleh suka cita banyak orang yang telah menantinya beranjak menjadi seorang balita mungil yang lagi menapaki masa pertumbuhan. dengan segala suka dukanya ia berjuang menjalani proses belajar merangkak, belajar berjalan dengan “ditatah”, lalu belajar berlari, belajar bersepeda dan pelajaran lain yang dipelajarinya di masa kecilnya.
Tak lama setelah itu tak terasa ia bersekolah, bisa dimulai dari Taman Kanak-Kanak bisa juga langsung ke Sekolah Dasar (SD). 6 tahun mengenyam pendidikan mulai dari tak bisa membaca dan tak bisa berhitung, mulai dari bisanya cuma memandangi gambar kemudian ia bisa memahami penjelasan gambar dari tulisan yang dibaca meski sempat mengalami proses mengeja perlahan-lahan, Alhamdulillaah atas karunia Allah kemudian ia bisa membaca dan berhitung serta kemampuan lainnya setamat dari SD.
Kemudian ia pun masuk ke SMP yang ia impikan, dan 2 sampai 3 tahun setelahnya ia masuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi di jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) yang ia tempuh serta jalani dalam waktu 2-3 tahun. Lalu ada yang masuk perguruan tinggi ada juga yang langsung kerja dan pilihan lainnya. Begitu terus hingga ia semakin dewasa, bekerja, berkeluarga, punya anak, lalu anak-anaknya mengalami proses yang sama hingga tiba waktu yang telah ditentukan ketika jasadnya ditiup ruh saat masih dalam wujud janin, ia pun kembali kepada Allah Ta’ala, Dzat yang Maha Pencipta dan Penguasa Alam Semesta.
Di antara orang-orang yang mempunyai jasa dalam perkembangan seseorang adalah para guru yang tak kenal lelah mengajar dan mendidik murid-muridnya. Dengan cara yang berbeda, namun dengan keinginan yang sama agar murid yang dididiknya kelak menjadi pribadi yang berguna.
Betapa mulianya dan banyaknya pahala yang kelak akan dituai oleh para guru yang dengan ikhlas dan penuh keridhoan serta kesabaran mendidik para generasi penerus bangsa.Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa menyeru kepada hidayah (jalan petunjuk dan kebaikan), maka ia akan mendapatkan pahala sebagaimana pahala orang yang mengikuti (atau mengerjakan)nya tanpa mengurangi
pahala mereka sedikitpun. Dan barangsiapa menyeru kepada kesesatan, maka ia mendapatkan dosa sebagaimana dosa orang yang mengikuti (mengerjakan)nya tanpa mengurangi dosa mereka sedikitpun.”. (HR. Muslim no. 6750).

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim no. 1631)

 

 

Semoga Allah senantiasa memberikan kebaikan dan keberkahan bagimu bapak-bapak dan ibu-ibu guru kami. Nasehat dan ilmu yang engkau ajarkan dahulu, sekarang dan nanti sangat berarti bagi kami.

Jazaakumullaah khairan katsiran.

Untuk para guru yang telah mengajarkan banyak hal dan mendidik saya sedari saya kecil hingga sekarang,guru2 yang luar biasa yang telah mendidik dan memberi pelajaran kehidupan khususnya bagi kami sekelas AxL 6 tatkala kami bersekolah di SMA dahulu. :’)

 

*terinspirasi dari percakapan via wall FB dengan Ma’am Nursri, 

 

 

Washalallahu ‘alaa nabiyyina muhammad.

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu an-laa ilaaha illa anta,astaghfiruka wa atuubu ilaih

 

 

*bahaan bacaan :

1. Artikel tentang Ilmu yang bermanfaat bukan sekedar dihafalkan

2. Artikel tentang Terputusnya Amalan kecuali 3 hal

3. Artikel tentang Keutamaan Mengajak Orang Lain kepada Ilmu Agama dan Kebaikan

Categories: Sharing, SMA, Studi | Tags: , , , , , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: