(Diskusi) jadi maksudnya BBM bersubsidi itu apa yaa??

Bismillaahirrohmanirrohiim.
Jadi langsung saja. Akhir-akhir ini saya lama tertegun memikirkan sesuatu hal yang sebenarnya tidak begitu penting bagi saya -untuk saat ini*-,yakni tentang huru hara kenaikan harga BBM.
Saya tidak membahas mengenai kelayakan kenaikan harga BBM atau dampaknya terhadap perekonomian di Indonesia,ya karena itu bukan bidang keilmuan saya.
Tapi ini tentang mengenai :

Sebenarnya maksud dari BBM yang bersubsidi itu apa yaaa??
 
No,saya juga tau kalau subsidi itu artinya ya dibantu atau diberi bantuan dari pemerintah agar harganya jadi lebih murah.
Tapi kan sebagaimana kita tau dan tentunya dari yang kita liat di Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU) ada beberapa jenis bahan bakar yang dijual.
Ada bensin, solar, pertamax dan pertamax plus.
Mungkin dari yang saya duga -hipotesis awal

– dan juga dugaan/pemikiran sebagian masyarakat adalah ya subsidi itu karena harga Bensin lebih murah dibandingkan Pertamax atau pertamax plus.
 
Nah,saya jadi teringat pelajaran SMA –yang sangat amat saya cintai

– tentang hidrokarbon.
Yang pernah diterangkan oleh guru kimia saya,bedanya bensin,pertamax dan pertamax plus itu adalah dari bilangan oktannya,yakni angka yang menunjukkan besarnya kandungan iso-oktan di suatu bahan bakar.
Saya kutipkan penjelasan yang ada di WIKIPEDIA.
Octane rating or octane number is a standard measure of the performance of a motor or aviation fuel. The higher the octane number, the more compression the fuel can withstand before detonating. In broad terms, fuels with a higher octane rating are used in high-compression engines that generally have higher performance. In contrast, fuels with low octane numbers (but high cetane numbers) are ideal for diesel engines. Use of gasolines with low octane numbers may lead to the problem of engine knocking.
 
dan di sana juga tertera bilangan oktan dari berbagai jenis bahan bakar yang ada di berbagai negara.
di tulisan lain yang saya temui lewat mesin pencari GOOGLE dengan kata kunci, bedanya premium dan pertamax
Pertamax memiliki bilangan oktan 92,trus pertamax plus nilai oktannya 95.
 
Nah,jadi sebenarnya tidak ada bahan bakar bersubsidi toh?
karena kan ada harga ada rupa.
Atau saya yang keliru dalam memahami hal ini yaa?Monggo berdiskusi.

*sedikit (atau banyak) teralihkan isu dari bidang yang saya ambil untuk TUgas Akhir*
 
 
WarNet biasa, 08 Jumadil Awal 1433 H
 
*maksudnya adalah,saya -seharusnya- lagi konsentrasi di Tugas Akhir saya tentang bahan perkerasan jalan,makanya isu BBM tidak begitu penting bagi saya untuk saat ini.
Categories: Opini | Tags: , , , , | 4 Comments

Post navigation

4 thoughts on “(Diskusi) jadi maksudnya BBM bersubsidi itu apa yaa??

  1. Sy juga mau konsentrasi ngreview bahan buat ngajar ram. Hehe..

  2. karena nggak ngerti… jadi saya diam aja🙂

  3. bukan karena harganya lebih murah
    tetapi karena harga BBM bersubsidi ditetapkan oleh Pemerintah. Konsekuensinya, kalau ongkos produksi BBM bersubsidi (Premium, Solar, Minyak Tanah) lebih besar daripada harga yang ditetapkan, Pemerintah lah yang nombokin –> subsidi🙂

  4. memang bilangan oktannya lebih rendah akan menjadikannya lebih murah..tapi tentu saja tidak seperti harga sekarang dimana rentang harganya dgn pertamax dll yg jauh..jd selisih yg terjadi antara harga seharusnya dgn harga yg ditetapkan itulah yg disubsidi oleh negara..so, bbm bersubsidi itu memang benar2 ada, dan selayaknya yg menikmati pun hanya yg pantas mendapat subsidi dari negara..

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.

