Belajar Memasak Rendang

Bismillahirrohmanirrohiiim..

Alhamdulillah tadi dapat kesempatan buat belajar memasak rendang.. Udah kali kedua belajarnya.. Belajar langsung dengan saudara (Mak Uo).. Jadinya QN tadi saya tulis belajar memasak rendang season kedua.. Juga masak dendeng sih..

Tapi di sini saya akan memberi resep bagaimana memasak rendang..

Bahan :

1 kg Daging untuk rendangnya..

*boleh daging sapi,kerbau,atau apa aja.. terserah.. yang penting halal.. tadi pake daging sapi..

1 kg santan

2 ons cabe merah yang sudah digiling

3 siung besar bawang putih

1 ons bawang merah

*setengah ons diiris-iris dan sisanya digiling/dihaluskan

Langkok-langkok (bahasa di sini) yang terdiri dari :

1 lembar daun kunyit, 1 batang serai, 4 lembar daun salam dan 4 lembar daun jeruk

Bumbu rendang (bubuk,boleh gak dipake,tapi di daerah tempat tinggal saya biasanya dipake,gak tau ada di Jawa apa kagak)

1/2 buah kelapa,kemudian diparut

Cara membuatnya :

1. Masukkan santan,cabe dan bumbu-bumbu lainnya ke dalam wajan/kuali yang telah dipersiapkan.. Masak dengan api sedang..

2. Ketika mulai mendidih masukkan dagingnya..

Sembari menunggu jangan lupa diaduk ya,biar bumbunya merata dan meresap ke daging..

3. Lalu untuk kelapa parutnya digoreng tanpa minyak sampai warnanya berubah kehitaman..

4. Setelah itu kelapa parut yang sudah kehitaman itu digiling sampai keluar minyaknya..

5. Setelah selesai digiling kemudian dimasukkan ke dalam wajan tempat memasak tadi..

6. Aduk kembali sampai merata..

7. Tunggu sampai agak kering,biar rasanya mantap.!!

Tips :

1. Agar dagingnya empuk,masukkan langsung setelah santan & bumbu-bumbunya itu.. Tadi masaknya seperti cara di atas..

Kalau masak dagingnya dalam jumlah yang banyak baru disarankan masukkan dagingnya setelah santan + bumbu-bumbunya itu mulai mendidih,biar gak repot ngaduknya..

2. Kelapa parut itu lah yang membuat seperti dedak di rendang itu.. Membuat rasanya mantap..

*gak tau bahasa Indonesianya apa..

3. Boleh juga gak sampe kering.. Tergantung selera.. Tapi kalau masih berkuah itu namanya Kalio,bukan rendang..

Sekian info dari hasil belajar saya tadi.. Semoga bermanfaat..

Ini resep asli lho.. Soalnya orang Minang asli yang buat..

Maaf kalau bahasanya tidak seperti penulis resep masakan lainnya,misalnya Eyang Amir atau yang lain..

Pekanbaru, 04 Syawal 1431 H.

Rama Rizana

Resep selanjutnya :

cara membuat Dendeng (batokok)

Categories: Kuliner | Tags: , , | 3 Comments

Post navigation

3 thoughts on “Belajar Memasak Rendang

  1. afra

    nambahin y akhi: gilinganx itu edisi spesial sumatera lho. klo di yogya saya blm menemukanx:)yang mau bersua gilingan macam tu, mainlah ke sumatera, kukurannya (parutan kelapa)juga lain dari pada yg lain:)

    klo rendang itu emang khasx di sangraian kelapax, bikin tambah maknyus. trus klo bs nih, daging yg dipake has dalam (klo mau daging sapi),dah lembut dan g alot. klo mau pake cabai, biasax pakai cabai giling. biasax si ibu2 di daerah saya, lsg beli jadi di pasar tradisional atau beli cabaix (dalam jumlah yg tdk sedikit biasana) lalu minta digilingkan langsung di pasar (fresh^^), sampai rumah lsg simpan di kulkas.

    oya biasax klo di bengkulu ditambahin kentang yang kecil2 (namax apa y, lupa^^).

    Wah jadi pingin pulang ni klo ngebahas per-rendang-an…hehe:) syukron rama bwt resepx dan bwt yg lain selamat mencoba resep dari chef rama (amin) ^_^

    • ramarizana

      jazaakillah khoir tambahannya,
      dapat ilmu masak yang baru nie.

      ‘afwan,nie afra yang mana ya?
      mbak widya kah?

  2. Rendang asalah masakan yang sangat mendunia…
    “lamak dek awak,katuju dek urang”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: