Syndrome Down atau apalah namanya,saya hanya ingin mengucap Astaghfirulloh

Bismillahirrohmanirrohiim..

Momen lebaran pastilah menjadi momen membahagiakan,karena bisa berkumpul dengan keluarga.. Paling tidak momen untuk bersilaturahmi atau menyambung kembali tali silaturahmi yang sempat renggang atau bahkan nyaris putus,karena beban konflik sudah melewati momen maksimum tali itu.. T_T

Dari persentase yang datang sudah jelas yang paling besar adalah anak-anak.. Selain karena adekku yang paling kecil masih anak-anak,satu-satunya perempuan dan akan berusia 9 tahun esok hari-,kedua orangtua saya cukup akrab dengan anak-anak sekitar..

Mulai dari anak-anak yang merupakan teman-teman kedua adekku sampai dengan anak-anak (
maaf) antah berantah,
ujug-ujug datang aja pas lebaran.. Mungkin karena saya aja gak kenal mereka,setelah 1 tahun lebih semenjak mudik terakhir,serta hampir 3 tahun kurang bersosialisasi..

Kalau anak-anak yang datang palingan saya cuma ngeliat ke depan bentar,-
tamu anak-anak duduknya di depan rumah-,atau bermain-main bentar dengan yang akrab.. Selebihnya saya masuk ke rumah,main laptop lagi..

Dan baru tadi ada anak yang berbeda dari yang lain.. Tiba-tiba masuk ke rumah,duduk di sampingku yang main laptop dan adekku yang cowok lagi nonton Everton vs Manchester United.. *salut dengan Everton yang melakukan
great comeback*

Anak itu minum minuman cincau kaleng.. Kuliat wajahnya sekilas mirip orang Asia Timur.. Tapi,setelah kuliat baik-baik ada yang berbeda.. Giginya ompong..

Eittss,bukan itu..

Dia sering ngomong sendiri,gak jelas,minumnya belepotan..

Shocked..

Kenapa shocked.??

Karena saya lagi serius main FM,eh
ujug-ujug datang seorang anak..

Belum lagi anak itu keliatan berbeda..

Saya langsung bilang ke adek saya : ”
Nda,abang gak tahan e..

Saya bukan merasa risih,geli atau apalah itu.. Tapi saya ngerasa gak sanggup melihat anak itu.. Iba.. Kasian..

Soalnya saya langsung ingat pelajaran Biologi SMA.. *hiks,kangen Biologi*

Hmmm.. Apa itu namanya,??

Oh ya,
Syndrom Down..

*apa aja ya nama jenis yang lain*

Seingat saya,memang itu nama kelainan genetiknya.. Kesalahan pada kromosom nya..

*
azeeeh.. bahasanya calon Dokter banget*

Kembali ke anak itu..

Saya iba melihatnya yang mengalami salah satu kelainan genetik itu sekaligus salut dengan orangtuanya yang mudah-mudahan bisa mendidiknya agar menjadi pemuda sholeh dan ber’aqidah yang hanif..

Makanya saya ngucap
Astaghfirulloh.. Karena saya rasa saya belum cukup sanggup mendidik anak yang mengalami kelainan genetik sepertinya..

Tiba-tiba anak itu dipanggil pulang..

Langsung keingat rencana pembangunan gedung mewah nan gak t*u di*i itu..

Pekanbaru, 02 Syawal 1431 H

*di QN tadi saya sempat bilang autis karena dulu waktu SMA sering nyebut itu.. maklum,kami kan hiperaktif..

Jazakillah khoir Mbak Nita buat infonya..
Jazakumulloh khoir semua..

**banyak hal lain yang mau saya tuliskan,tapi lagi asyik main laptop**

Categories: Sebuah Cerita | 27 Comments

Post navigation

27 thoughts on “Syndrome Down atau apalah namanya,saya hanya ingin mengucap Astaghfirulloh

  1. eh..td.score.3-3,ya?hehe

  2. eh..td.score.3-3,ya?hehe

  3. (ToT) huwaaaaa Rama mudik, Dani mudik :((
    gue syirik😦

    gue jg g tega lihat anak kekgitu, Ma😦

  4. @Mbak Emy :
    iya..
    gak nyambung..

    @uni :
    mau nitip sesuatu gak.??

    itu lah.. makanya deyen ngucap..

  5. biasanya anak DS umurnya nggak panjang, mudah2an ini bukan mendoakan ya, tapi memang statistik menyatakan begitu, setidaknya itu yang kita pelajari di sekolah dahulu bukan? di pelajaran biologi…. mungkin hikmahnya, mereka nggak terlalu lama hidup di dunia yang kejam ini di banding kita… semoga orang tua anak2 DS dimudahkan rejekinya dan selalu dalam lindungan Allah keluarga mereka… aminnn…

  6. @Bu Ari :
    T_T
    saya makin sedih nie,Bu..
    iya.. jadi dapat tambahan ilmu & mengulang pelajaran Biologi..
    amiin ya robbal ‘alamiin..

    ada pengalaman atau pendapat ketika ketemu mereka,Bu.?

    anyway,Jazakillah khoir,Bu..

  7. oiya seingat aku mereka jarang berumur panjang karena kelainan kromosom mereka banyak mengakibatkan penyakit2 lainnya, misalnya karena umumnya terjadi kelainan pencernaan, kelainan fungsi jantung, atau kelainan pada darah yang nggak matang2 atau juga leukemia, hingga mudah kena infeksi2 yang bisa mengakibatkan kematian…

    mereka juga menderita DS kemungkinan karena dilahirkan oleh ibu berumur 35 tahun keatas yang hormonnya sudah mulai berubah, atau karena radiasi, dll… tapi biasanya mereka masih bisa mandiri kog di usia wajar…

    pencegahan anak2 DS ini bisa dilakukan dengan pemeriksaan kromoson pada ibu hamil… Penyebabnya sebenernya masih belum diketahui pasti, tapi disimpulkan sampai saat ini adalah makin tua usia ibu makin tinggi risiko untuk terjadinya DS…

  8. pengalaman ketemu mereka?
    aku sarankan perlakukan mereka seperti anak lainnya dengan wajar, jangan terlalu berlebihan supaya mereka juga bisa mandiri🙂 aku rasa itu yang terbaik…

  9. @Bu Ari
    4 komen pertama :
    iya.. saya udah mencantumkan kok di atas.. karena ada kelainan genetik,tepatnya di kromosom..
    wah jago banget nie.??

    4 komen kedua :
    itu mah saran.. pengalamannya ada dnk.??

    nggih.. saya karena belum terbiasa.. baru kali tadi ketemu dekat..

  10. ngga jago kog, aku cuma nginget2 pelajaran biologi jaman sma dulu, itu pelajaran paling aku suka hehe dulu pinginnya jadi ahli mikrobiologi gitu deh, pokoknya yang berkaitan dengan genetika suka banget… tapi entah kenapa kog nyasarnya ke fisika elektronika ya T _ T

    pengalaman ketemu mereka, ya ngga sering kog, jadi ngga bisa dijadikan acuan🙂

  11. pantesan aja paham..
    ngapa gak ke kedokteran aja,Bu.??

    wah,jago fisika elektronika nie..

    hoo.. baiklah..
    nggak sering aja,dah mantep banget sarannya..

  12. aku gak suka jadi dokter hihihi aku cuma pengen kerja di lab dulu waktu sma…
    tapi aku gak jado fisika elektronika kog, itu cuma jurusan waktu kuliah aja…
    lagian aku cenderung ke IT ngambil program studinya…

  13. hooo.. pantesan aje gak mau jadi dokter..

    saya kira dulu ibu orang Ekonomi atau jurusan sosial lainnya..

  14. Saya jg bingung mnyikapi anak yg kaya gitu,,tetangga saya jg ada yg ky gt,,tpi dia kasihan,soalnya g trlalu diperhatikan sm ortunya..

  15. wah,lebih parah dan bahaya tuh,mbak.. kasian anaknya..

  16. OH BEGITU

  17. Tidak perlu harus jadi dokter atau mahasiswa kedokteran untuk memahami fenomena genetis seperti down sindrome. Informasi tentang hal-hal seperti ini bertaburan di media, termasuk di internet. DS berbeda seprti bumi dan langit dengan autism. Memang diperlukan kekuatan hati untuk memahami menerima dan selanjutnya membantu saudara-saudara kita yang diberi "kelebihan" oleh Allah sebagi penyandang DS. Semoga suatu saat dik Rama mampu tidak hanya bergidik dan istighfar ketika melihat mereka. Allah memberkati para DS dan keluarganya.

  18. Jadi bedanya anak autis sama DS itu apa Ram?..

  19. @srhida :
    he8x.. iya,Bu..
    Aamiin ya robbal ‘alamiin.. Jazakillah khoir..

    @Mbak Dina :
    kalau DS itu kan karena ada kelainan genetik,lebih tepatnya di jumlah kromosomnya.. jadi dari segi fisik agak berbeda.. karena pengaruh itu jadi dia mudah sakit..
    coba baca komen2 di atas..
    kalau autis itu anak yg hiperaktif..
    CMIIW..

  20. down syndrom itu yg biasanya mengalami masalah dgn cara bkomunikasinya kan? tp ia sbenarnya sangat bs bkmunkasi, soalna dl prnh liat pnyandang DS bs nulis puisi dan ngomong2 dgn metode glenn doman, secara fisik penyandang DS bs dikenali krn wajahnya khas…

    klo autis itu cenderung sulit membangun interaksi sosial, sulit utk menyampaikan pesan, autis tdk berarti hiperaktif juga, beda… :))

  21. @Mbak Danti :
    berarti hampir sama dnk autis & DS,Mbak.??
    promosi bayar yee..
    anyway,Jazakillah khoir info tambahannya..

  22. hmm,, jadi gitu yaaa… aku paham sekarang.. ^^

  23. ramarizana said: berarti hampir sama dnk autis & DS,Mbak.??promosi bayar yee..

    tetep beda Ram…😀

    *nih gopek

  24. ramarizana said: berarti hampir sama dnk autis & DS,Mbak.??promosi bayar yee..

    T__T

  25. ramarizana said: berarti hampir sama dnk autis & DS,Mbak.??promosi bayar yee..

    ohh getu ceritanya😉 maap lahir bathin ya, salam

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.

