Ngasih do’a kok nanggung banget sih.!!!

Bismillahirrohmanirrohiim..

gimana rasanya di-do’a-kan orang lain.??
pastinya senang dnk..

pastinya di-do’a-kan yang baik-baik dnk..

tapi bagaimana ada orang yang mendo’akan kita tapi ternyata lafadz yang diucapkannya itu nanggung banget bahkan tidak ada artinya.??

1. Ucapan salam
sebenarnya sudah pernah saya tuliskan di sini,tapi saya ingin menuliskannya lagi..
Sebagaimana kita ketahui ucapan salam adalah ucapan terbaik yang diberikan seorang muslim kepada muslim lainnya.. sangat berbeda jika kita bandingkan dengan ucapan lainnya di saat kita ketemui..

misalnya :
Selamat pagi
-> ambigu : paginya yang selamat atau kita hanya dido’akan selamat ketika pagi hari saja..
dan masih banyak lagi..

jauh berbeda kan kalau kita bandingkan dengan ucapan salam yang diajarkan Rosululloh..

Assalamu’alaykum Warohmatullohi Wabarokatuh
-> “smoga keselamatan untukmu dan rahmat ALLOH serta keberkahan” *CMIIW*

luar biasa bukan artinya.??
belum lagi ada dua hadits dari Rosululloh SAW berikut ini..

Abdullah bin ‘Amr ibnil ‘Ash radhiyallahu ‘anhuma, salah seorang shahabat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam memberitakan, “Ada seorang lelaki bertanya kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, ‘Perangai Islam yang manakah yang paling baik?’ Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab:

تُطْعِمُ الطَّعَامَ وَتَقْرَأُ السَّلاَمَ عَلَى مَنْ عَرَفْتَ وَعَلَى مَنْ لَمْ تَعْرِفْ

“Engkau memberi makan (kepada orang yang membutuhkan, pent.) serta mengucapkan salam kepada orang yang engkau kenal dan tidak engkau kenal.” (HR. Al-Bukhari no. 6236 dan Muslim no. 159)*atau

Pada kesempatan lain, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

لاَ تَدْخُلُونَ الْجَنَّةَ حَتَّى تُؤْمِنُوا، وَلاَ تُؤْمِنُوا حَتَّى تَحَابُّوا، أَوَلاَ أَدُلُّكُمْ عَلَى شَيْءٍ إِذَا فَعَلْتُمُوْهُ تَحَابَبْتُمْ؟ أَفْشُوا السَّلاَمَ بَيْنَكُمْ

“Kalian tidak akan masuk surga sampai kalian beriman, dan kalian tidak dikatakan beriman hingga kalian bisa saling mencintai. Maukah kalian aku tunjukkan terhadap satu amalan yang bila kalian mengerjakannya kalian akan saling mencintai? Yaitu sebarkanlah salam di antara kalian.” (HR. Muslim no. 192)

Dalam dua hadits di atas terdapat hasungan yang besar untuk menyebarkan salam kepada kaum muslimin seluruhnya, yang dikenal ataupun yang tidak. Dan salam merupakan syiar kaum muslimin yang membedakan mereka dengan non muslim. Salam merupakan sebab awal tumbuhnya kedekatan hati dan kunci yang mengundang rasa cinta. Dengan menyebarkannya berarti menumbuhkan kedekatan hati di antara kaum muslimin, selain untuk menampakkan syiar mereka yang berbeda dengan orang-orang selain mereka. (Al-Minhaj 2/224, 225, Syarhu Riyadhish Shalihin, Ibnu ‘Utsaimin rahimahullahu, 3/6)

saya yakin antum sudah paham lah maksud kedua hadits itu.. hadits yang menjelaskan betapa pentingnya ucapan salam,apalagi ketika kita mengatakan bahwa kita mencintai saudara kita karena ALLOH..

okelah kalau ketika kita ketemu dan mengucapkan salam,kita mengucapkan secara komplit..
bagaimana kalau kita mengucapkan/menuliskan salam ketika bertemu atau berkomunikasi dengan saudara kita lewat SMS,FB,Chat atau PM.??

kebanyakan menyingkat salam itu..

tidak ada artinya salam dengan disingkat-singkat itu..
Asslmkm, Asslm,dsb tidak ada toh artinya.??
apalagi yg kayak gini
cemlekum,cemekum..

dan parahnya yg kayak gini
Ass atau Ass. Wr. Wb..

Ass :
artinya ada tiga
kb. 1 (animal) keledai. 2 orang yang bodoh.
Don’t be a silly a. Janganlah sebodoh itu.
3 Vlug.: pantat.

kalau seperti itu,mendingan gak usah kita cantumin.. apalagi alasan kita untuk menghemat karakter SMS..
kalau ada yg mengirimkan seperti itu ke saya,biasanya tidak akan saya jawab,atau kalaupun saya jawab,saya jawab dengan lengkap..

2. Ucapan jazakalloh khoir

hadits Usamah bin Zaid radhiallahu anhu bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda:

]من صُنِعَ إليه مَعْرُوفٌ فقال لِفَاعِلِهِ جَزَاكَ الله خَيْرًا فَقَدْ أَبْلَغَ في الثَّنَاءِ

“Barangsiapa yang diberikan satu perbuatan kebaikan kepadanya lalu dia membalasnya dengan mengatakan : jazaakallahu khaer (semoga Allah membalasmu dengan kebaikan), maka sungguh hal itu telah mencukupi dalam menyatakan rasa syukurnya.”

(HR.At-Tirmidzi (2035), An-Nasaai dalam Al-kubra (6/53), Al-Maqdisi dalam Al-mukhtarah: 4/1321, Ibnu Hibban: 3413, Al-Bazzar dalam musnadnya:7/54. Hadits ini dishahihkan Al-Albani dalam shahih Tirmidzi)

itu dasar/dalil ucapan jazakalloh khoir..
lantas kalau kita cuma mengucapkan jazakalloh/jazakillah (saja) tidak lagi memiliki makna..
Jazakalloh : semoga ALLOH membalasmu ………….. *kosong*
membalasmu apa.??

terlebih lagi kalau kita menuliskannya dengan singkat..
Jzk atau Jfs..

kalau kita ingin mendo’akan saudara kita,sebaiknya sampaikan secara lengkap..

mungkin ada yang akan berkomentar,
“Ngapain sih hal yang kecil kayak gini dibahas,gak penting.!!

sekedar mengingatkan saja saudaraku,hal yang besar itu ada dari hal yang kecil.. kalau dari hal yang kecil saja kita tidak memperhatikan,apalagi hal yang besar..
dan mulai dari diri kitalah kita memulai agar bisa dipelajari dan diterapkan oleh orang lain..


bukankah ilmu yang bermanfaat,(apalagi) diterapkan, merupakan salah satu dari tiga hal yang dapat menolong kita di hari akhirat kelak.??


makanya,ketika ada yang komentar Jazakalloh (saja),saya berkata
“ngasih do’a nya kok nanggung banget sih,Akh/Mbak”

********

mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan.. semoga bermanfaat..

Jazakumulloh khoiroon atas perhatiannya.. ‘afwan jika ada kata yang salah..

Bantul, 11 Ramadhan 1431 H

NB :
sumber :
satu : http://darussalaf.or.id/stories.php?id=1520
dua : http://tazkiatunnafs.multiply.com/journal/item/602
tiga : http://ramarizana.multiply.com/journal/item/137/137

artikel serupa yang saya ketemui di GOOGLE
pertama : http://nelangsa.multiply.com/journal/item/83/Arti_Ucapan_Salam_dgn_Singkatan_Ass……
kedua : http://misslind76.multiply.com/journal/item/103
ketiga : http://indrayogi.multiply.com/journal/item/127/Menyempurnakan_Assalamualaikum
keempat : http://thetrueideas.multiply.com/journal/item/315

Categories: Belajar Ilmu Agama, Muamalah, Nasehat, Sharing | Tags: , , , , | 4 Comments

Post navigation

4 thoughts on “Ngasih do’a kok nanggung banget sih.!!!

  1. subhanallah , sesungguh-nya doa yang ikhlas dari sesama muslim merupakan kado terindah yang dapat kita berikan setiap hari kepada kawan dan lingkungan kita.

    Salam , kadangkala disepelekan tetapi hal ini merupakan hal yang sangat esensial dalam menjalin ukhuwah Islamiyah . Tapi , ada juga jenis orang yang malas menjawab salam . Naudzubillah Minzalik .

    Mari kita menjadi sahabat yang senantiasa berbuat amal , dan menjauhi kemungkaran ^^

    • ramarizana

      iya,ZUlfikar..
      saya juga memulai membiasakan mengucapkan salam ketika bertemu dan juga mengirimkan salam ketika SMS dengan lengkap..

      seiring berjalannya waktu mudah2an yg lain juga bisa menerapkannya.. ^^

  2. tul betul2 ,,,
    karena setengah2 itu nanggung barakahnya^^
    hehe tambah bagus aja tulisannnya😀
    apa kabar nya ni ram?
    minal aizin fal wa izin ya^^

    • ramarizana

      hoho.. ini tulisan sebulan yg lalu lho,Mbak..
      Alhamdulillah baik..
      Mbak apa kabarnya.?
      Taqobbalallohu minna wa minkum..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: