Monthly Archives: August 2010

Tayangan itu memang tayangan “hiburan” kok

Bismillahirrohmanirrohiim..

Pada heboh nonton tayangan di salah satu stasiun TV swasta sekarang.. Di asrama saya yang memiliki TV tiap lantai,semua TV yang ditonton (lantai 2 untuk wisma) itu semua orang-orangnya nonton tu siaran TV.. Heran saya apa bagusnya tayangan itu.. Saya liat beberapa sesi kayaknya biasa aja..
Sendok dibengkokin,mata yang dibuat serem,terus ada cahaya di tangan..
Serius,gak penting banget..

Mungkin bener juga kata seorang bul-bul dari Inggris yang bilang kalau tayangan semacam ini memang cocok untuk hiburan..
wong saya ketawa-ketawa sendiri melihat tayangan yang (maaf) gak bermutu itu..

itu baru dalam tatanan kualitas atau mutu tayangan.. belum lagi masalah syirik..
memang ada tayangan yang membahas mengenai trik untuk melakukan adegan-adegan tipuan mata itu.. tapi tetap saja kebanyakan dari tayangan semacam itu menggunakan atau menjalin hubungan dengan dunia lain..

ini bukan masalah saya pengamat tayangan atau apalah..
dan ini bukan masalah sepele..

ada banyak dalil baik di Al-Quran maupun dari Hadits Rosululloh yang membahas mengenai bahaya syirik dan pentingnya aqidah..

وَمَا أَرْسَلْنَا مِنْ قَبْلِكَ مِنْ رَسُولٍ إِلَّا نُوحِي إِلَيْهِ أَنَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا أَنَا فَاعْبُدُونِ
“Dan Kami tidak mengutus seorang rasulpun sebelum kamu melainkan Kami wahyukan kepadanya: “Bahwasanya tidak ada Ilah (yang berhak disembah) melainkan Aku, maka sembahlah olehmu sekalian akan Aku”.
(QS. Al-Anbiya’ : 25)

الَّذِينَ آمَنُوا وَلَمْ يَلْبِسُوا إِيمَانَهُمْ بِظُلْمٍ أُولَٰئِكَ لَهُمُ الْأَمْنُ وَهُمْ مُهْتَدُونَ
“Orang-orang yang beriman dan tidak mencampuradukkan iman mereka dengan kezaliman (syirik), mereka itulah yang mendapat keamanan dan mereka itu adalah orang-orang yang mendapat petunjuk.”
(QS. Al-An’am : 82)

Rosululloh mendidik para sahabatnya agar bertauhid sejak kecil. Kepada anak pamannya, Ibnu Abbas,beliau berkata : (yang artinya)
“Bila kamu hendak meminta,maka mintalah kepada ALLOH; dan bila kamu hendak memohon pertolongan,maka mohonlah pertolongan kepada ALLOH”
(Hadits riwayat At-Tirmidzi,hadits ini hasan shohih)
Advertisements
Categories: Opini | Tags: , | 2 Comments

Ngasih do’a kok nanggung banget sih.!!!

Bismillahirrohmanirrohiim..

gimana rasanya di-do’a-kan orang lain.??
pastinya senang dnk..

pastinya di-do’a-kan yang baik-baik dnk..

tapi bagaimana ada orang yang mendo’akan kita tapi ternyata lafadz yang diucapkannya itu nanggung banget bahkan tidak ada artinya.??

1. Ucapan salam
sebenarnya sudah pernah saya tuliskan di sini,tapi saya ingin menuliskannya lagi..
Sebagaimana kita ketahui ucapan salam adalah ucapan terbaik yang diberikan seorang muslim kepada muslim lainnya.. sangat berbeda jika kita bandingkan dengan ucapan lainnya di saat kita ketemui..

misalnya :
Selamat pagi
-> ambigu : paginya yang selamat atau kita hanya dido’akan selamat ketika pagi hari saja..
dan masih banyak lagi..

jauh berbeda kan kalau kita bandingkan dengan ucapan salam yang diajarkan Rosululloh..

Assalamu’alaykum Warohmatullohi Wabarokatuh
-> “smoga keselamatan untukmu dan rahmat ALLOH serta keberkahan” *CMIIW*

luar biasa bukan artinya.??
belum lagi ada dua hadits dari Rosululloh SAW berikut ini..

Categories: Belajar Ilmu Agama, Muamalah, Nasehat, Sharing | Tags: , , , , | 4 Comments

Ngasih do’a kok nanggung banget sihh.!!!

Bismillahirrohmanirrohiim..

gimana rasanya di-do’a-kan orang lain.??
pastinya senang dnk..

pastinya di-do’a-kan yang baik-baik dnk..

tapi bagaimana ada orang yang mendo’akan kita tapi ternyata lafadz yang diucapkannya itu nanggung banget bahkan tidak ada artinya.??

1. Ucapan salam
sebenarnya sudah pernah saya tuliskan di sini,tapi saya ingin menuliskannya lagi..
Sebagaimana kita ketahui ucapan salam adalah ucapan terbaik yang diberikan seorang muslim kepada muslim lainnya.. sangat berbeda jika kita bandingkan dengan ucapan lainnya di saat kita ketemui..

misalnya :
Selamat pagi
-> ambigu : paginya yang selamat atau kita hanya dido’akan selamat ketika pagi hari saja..
dan masih banyak lagi..

jauh berbeda kan kalau kita bandingkan dengan ucapan salam yang diajarkan Rosululloh..

Assalamu’alaykum Warohmatullohi Wabarokatuh
-> “smoga keselamatan untukmu dan rahmat ALLOH serta keberkahan” *CMIIW*

luar biasa bukan artinya.??
belum lagi ada dua hadits dari Rosululloh SAW berikut ini..


Abdullah bin ‘Amr ibnil ‘Ash radhiyallahu ‘anhuma, salah seorang shahabat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam memberitakan, “Ada seorang lelaki bertanya kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam,’Perangai Islam yang manakah yang paling baik?’ Beliau Shallallahu’alaihi wa sallam menjawab:
 

تُطْعِمُ الطَّعَامَ وَتَقْرَأُ السَّلاَمَ عَلَى مَنْ عَرَفْتَ وَعَلَى مَنْ لَمْ تَعْرِفْ

 

“Engkau memberi makan (kepada orang yang membutuhkan, pent.) serta mengucapkan salam kepada orang yang engkau kenal dan tidak engkau kenal.” (HR.Al-Bukhari no. 6236 dan Muslim no. 159)*

 

atau

Pada kesempatan lain, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: 

لاَتَدْخُلُونَ الْجَنَّةَ حَتَّى تُؤْمِنُوا، وَلاَ تُؤْمِنُوا حَتَّىتَحَابُّوا، أَوَلاَ أَدُلُّكُمْ عَلَى شَيْءٍ إِذَا فَعَلْتُمُوْهُتَحَابَبْتُمْ؟ أَفْشُوا السَّلاَمَ بَيْنَكُمْ

 

“Kalian tidak akan masuk surga sampai kalian beriman, dan kalian tidak dikatakan beriman hingga kalian bisa saling mencintai. Maukah kalian aku tunjukkan terhadap satu amalan yang bila kalian mengerjakannya kalian akan saling mencintai? Yaitu sebarkanlah salam di antara kalian.” (HR. Muslim no. 192)

saya yakin antum sudah paham lah maksud kedua hadits itu.. hadits yang menjelaskan betapa pentingnya ucapan salam,apalagi ketika kita mengatakan bahwa kita mencintai saudara kita karena ALLOH..

okelah kalau ketika kita ketemu dan mengucapkan salam,kita mengucapkan secara komplit..
bagaimana kalau kita mengucapkan/menuliskan salam ketika bertemu atau berkomunikasi dengan saudara kita lewat SMS,FB,Chat atau PM.??

kebanyakan menyingkat salam itu..

tidak ada artinya salam dengan disingkat-singkat itu..
Asslmkm, Asslm,dsb tidak ada toh artinya.??
apalagi yg kayak gini
cemlekum,cemekum..

dan parahnya yg kayak gini
Ass atau Ass. Wr. Wb..

Ass :
artinya ada tiga

kb. 1 (animal) keledai. 2 orang yang bodoh.



Don’t be a silly a. Janganlah sebodoh itu.


3 Vlug.: pantat.


kalau seperti itu,mendingan gak usah kita cantumin.. apalagi alasan kita untuk menghemat karakter SMS..
kalau ada yg mengirimkan seperti itu ke saya,biasanya tidak akan saya jawab,atau kalaupun saya jawab,saya jawab dengan lengkap..

2. Ucapan jazakalloh khoir

hadits Usamah bin Zaid radhiallahu anhu bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda:

]من صُنِعَ إليه مَعْرُوفٌ فقال لِفَاعِلِهِ جَزَاكَ الله خَيْرًا فَقَدْ أَبْلَغَ في الثَّنَاءِ

“Barangsiapayang diberikan satu perbuatan kebaikan kepadanya lalu dia membalasnya dengan mengatakan : jazaakallahu khaer (semoga Allah membalasmu dengan kebaikan), maka sungguh hal itu telah mencukupi dalam menyatakan rasa syukurnya.”

(HR.At-Tirmidzi (2035), An-Nasaai dalam Al-kubra(6/53), Al-Maqdisi dalam Al-mukhtarah: 4/1321, Ibnu Hibban: 3413,Al-Bazzar dalam musnadnya:7/54. Hadits ini dishahihkan Al-Albani dalamshahih Tirmidzi)


itu dasar/dalil ucapan jazakalloh khoir..
lantas kalau kita cuma mengucapkan jazakalloh/jazakillah (saja) tidak lagi memiliki makna..
Jazakalloh : semoga ALLOH membalasmu ………….. *kosong*
membalasmu apa.??

terlebih lagi kalau kita menuliskannya dengan singkat..
Jzk atau Jfs..

kalau kita ingin mendo’akan saudara kita,sebaiknya sampaikan secara lengkap..

mungkin ada yang akan berkomentar,
Ngapain sih hal yang kecil kayak gini dibahas,gak penting.!!

 

sekedar mengingatkan saja saudaraku,hal yang besar itu ada dari hal yang kecil.. kalau dari hal yang kecil saja kita tidak memperhatikan,apalagi hal yang besar..


dan mulai dari diri kitalah kita memulai agar bisa dipelajari dan diterapkan oleh orang lain..

 

bukankah ilmu yang bermanfaat,(apalagi) diterapkan, merupakan salah satu dari tiga hal yang dapat menolong kita di hari akhirat kelak.??


makanya,ketika ada yang komentar Jazakalloh (saja),saya berkata
ngasih do’a nya kok nanggung banget sih,Akh/Mbak

********

mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan.. semoga bermanfaat..

Jazakumulloh khoiroon atas perhatiannya.. ‘afwan jika ada kata yang salah..

Bantul, 11 Ramadhan 1431 H

NB :
sumber :
satu : http://darussalaf.or.id/stories.php?id=1520
dua : http://tazkiatunnafs.multiply.com/journal/item/602
tiga : http://ramarizana.multiply.com/journal/item/137/137

artikel serupa yang saya ketemui di GOOGLE
pertama : http://nelangsa.multiply.com/journal/item/83/Arti_Ucapan_Salam_dgn_Singkatan_Ass……
kedua : http://misslind76.multiply.com/journal/item/103
ketiga : http://indrayogi.multiply.com/journal/item/127/Menyempurnakan_Assalamualaikum
keempat : http://thetrueideas.multiply.com/journal/item/315

Categories: Belajar Ilmu Agama, Muamalah | Tags: , , , , , | 33 Comments

Create a free website or blog at WordPress.com.