(Kelas Akselerasi) Ram,kamu dulu loncat kelas???

Bismillahirrohmanirrohiim..

Ram,berarti dulu kamu dari kelas 1 langsung ke kelas 3????

Wah hebat dong,kamu bisa loncat kelas..

Gimana sih kelas akselerasi itu???

Pada kesempatan ini saya ingin sedikit berbagi tentang apa sebenarnya kelas akselerasi..

Oke..

Alhamdulillah saya diberikan kesempatan oleh ALLOH SWT untuk menjalani fase kelas akselerasi ketika di jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) sekitar 4 tahun yang lalu.. Semenjak kecil saya termasuk orang yang tidak betah berlama-lama sekolah,pengen cepat lulus..

Ini terlihat sejak SD dan MTs (setingkat SMP) saya (Alhamdulillah) bisa menyelesaikan dan memahami pelajaran yang diberikan lebih cepat..

Saya masuk ke SMA Negeri 8 Pekanbaru pada tahun 2006,tepatnya bulan Juli 2006..

Berbagai fase layaknya siswa baru saya jalani.. Mulai dari rangkaian matrikulasi atau kelas persiapan yang diikuti oleh siswa yang lulus melalui jalur Penelusuran Siswa Unggul (PSU) hingga Masa Orientasi Sekolah (MOS) saya jalani.. Sampai tiba akhirnya pembagian kelas setelah upacara bendera pertama kali..

Saya masuk ke kelas X2 yang kemudian kami yang berjumlah sekitar 30an orang namai sebagai kelas SePeDa UnTa (lupa kepanjangannya.. hehehehe)

Di awal-awal masa belajar seperti biasa saya mengikuti proses belajar-mengajar yang terdiri dari belasan mata pelajaran itu.. Hingga sekitar pada bulan Agustus (cuma sebulan) diadakan seleksi untuk memasuki kelas Akselerasi..

Ada serangkaian tahap seleksi yang harus diikuti,yakni tes akademik (mengerjakan soal Matematika,Fisika,Kimia,Biologi,Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris),tes IQ (psikotes),tes komitmen (dengan petinggi sekolah),tes wawancara dengan BK.. Semua rangkaian tahap seleksi harus diikuti.. Khusus untuk psikotes saya dan puluhan peserta seleksi tidak perlu mengikutinya karena waktu tes PSU sudah dites,sedangkan siswa yang masuk melalui jalur biasa (PSB) belum diketahui berapa IQ mereka..

IQ saya berapa?? Jangan ditanyalah.. Rendah.. hehehehe..

Oh ya,selain rangkaian tes itu ada juga rekomendasi dari guru dan teman sekelas..

Singkat kata saya termasuk satu dari 20 orang siswa kelas percepatan,Akselerasi SMA Negeri 8 Pekanbaru angkatan ke-6.. Jadi Akselerasi di SMAN 8 Pekanbaru ini mulai dibuka semenjak tahun 2001..

Akhirnya kami semua dipersatukan di kelas itu mulai tanggal 4 September 2006,tanggal kenangan kami bersama.. Tanggal di mana 20 siswa/i dari latar belakang ya berbeda dan watak yang juga sangat berbeda ditakdirkan untuk bersatu.. hohohohho..

Kami menjalani proses belajar-mengajar (PBM) yang sebenarnya sama dengan kelas yang lain,namun perbedaan kami ada satu,yakni kami menjalani PBM lebih cepat dibandingkan kelas reguler..

Memang sebelumnya yang kami bayangkan kalau kelas percepatan itu seperti loncat kelas,jadi dari kelas 1 SMA (X) langsung ke kelas 3 SMA (XII),tapi yang kami rasakan tidak seperti itu.. Kami menjalani kelas 1 SMA (X),2 SMA (XI) dan juga terlahir kelas 3 SMA (XII). Hanya saja kami menjalani itu semua lebih cepat.. Jadi kalau 1 semester di kelas reguler ditempuh dalam waktu 6 bulan,di kelas akselerasi ditempuh dalam waktu 4 bulan..

Jadi dalam 1 tahun kami menjalani dan melalui 3 semester.. Sehingga kami bisa lulus SMA dalam waktu 2 tahun..

Itu belum seberapa dibandingkan dengan rekan-rekan kami di SMA yang sama namun beda cabang,yakni di Jakarta yang desas-desusnya mereka sekolah di SMA dari kelas 1 sampai kelas 3 SMA hanya dalam waktu 1 tahun.. Kebayang gak tuh.???

Saya aja gak kebayang.. hehehehehe..

Pernah di salah satu semester,kami harus menyelesaikan semester itu dalam waktu 1 bulan saja.. Ya,hanya satu bulan.. Mulai dari materi bab pertama semua pelajaran hingga Ujian Akhir Semester (UAS).. Seingat saya itu terjadi ketika semester keempat atau ketika kelas 2 SMA semester 2..

Mungkin itu saja yang bisa saya bagikan.. Smoga bermanfaat..

If you have question about this article,I’m pleased to response and answer it..

^_^

Bantul, 10 Sya’ban 1431 H

selesai diketik jam 0:30 tanggal 22 Juli 2010

mohon maaf ya kalau ada kata-kata yang sulit dimengerti ataupun kurang tepat penggunaannya,maklum jam segini ngetiknya.. ^^

Categories: Sharing, SMA, Studi | Tags: | 44 Comments

Post navigation

44 thoughts on “(Kelas Akselerasi) Ram,kamu dulu loncat kelas???

  1. hehehe..
    hebat dunk ram
    berarti emang kemampuan mengingat nya melebihi rata-rata
    kudu disyukuri dan dimanfaatkan sebaik-baiknya
    jarang2 kan bisa dapat anugrah kayak gitu
    ini si chika^^ jangan kan 2 tahun ,, 3 tahun aja berabe hahhaaa

    • ramarizana

      chika :

      hehehe..
      hebat dunk ram
      berarti emang kemampuan mengingat nya melebihi rata-rata
      kudu disyukuri dan dimanfaatkan sebaik-baiknya
      jarang2 kan bisa dapat anugrah kayak gitu
      ini si chika^^ jangan kan 2 tahun ,, 3 tahun aja berabe hahhaaa

      kalau mengingat perlu latihan,Mbak.. menangkap pelajaran juga..
      kan ALLOH memberikan kita modal yg sama.. tinggal bagaimana kita mengolahnya..
      kalau sempet mau nulis tentang itu juga.. he8x..

  2. Semoga dimudahkan selalu ya rama … ^_^

    • ramarizana

      Semoga dimudahkan selalu ya rama … ^_^

      amiin ya robbal ‘alamiin..
      jazakillah khoir..

  3. hai kak rama salam kenal ya
    saya rizki adek kelas kk aksel angkatan 9…
    numpang mapir ya kk
    hehehehe

    • ramarizana

      salam kenal juga rizki.
      satu angkatan sama trisna bukan?
      eh,bukan ya,trisna angkatan 8 ding.

      tetap semangat ya dek!

  4. Kakakk ;_; aku baca ini antara takut sama excited hahaha aku mau masuk kelas aksel tapi melihat 4 bulan 1 semester itu nerakanya seperti apa? Щ(º̩̩́Дº̩̩̀Щ ) LOL canda .__. Gak sih. Gini kaka.. Kalo pribadi aku rasa aku punya daya tangkap yang cepat, tapi aku agak ‘gimana’ gitu soal mengingat pelajaran ;_; sebenernya aku inget aja sih tapi gimana ya -_- ngertikan teenagers hwahwah ;_; *kok jadi curcol -_-* aku labil sekali sih. Terus kak, masuk aksel itu IQ-nya harus brapa? Kakak IQ-nya berapa? Щ(ºДºщ) lalu anak anak aksel itu berdarah dingin turunan einsten versi monster gak? Maap kakak aku cerewet, panjang lagi -_- aku hanya mencari kepastian biar ganyesel nanti whahwa. Thanks kakak God Bless You❤

    • ramarizana

      well,sebelumnya terima kasih ya ika sudah berkunjung ke WP saya.
      kalau mengenai IQ di sekolah saya dulu ada persyaratan minimal 120,tapi tetap boleh kok IQ yang di bawah itu masuk,bahkan malahan juara 1 di kelas saya dulu (maaf) IQ nya paling rendah,sekitar 113. kalau IQ saya brubah2. waktu tes PSU SMAN 8 Pekanbaru 127,trus pas tes lagi 119.
      IQ is not a barrier or measure tool to determine someone will be success or not.
      kalau mengenai anak2nya tergantung individunya juga dek. kalau di angkatan saya malah jauh tuh kesan “monsternya”. kalau jam istirahat ya kami ke kantin,bersilaturahmi dengan anak2 reguler,bercanda,main UNO,dan sebagainya.
      tergantung kitanya juga.

      oh ya,ika SMA di mana ni?🙂

  5. hebat donk yyyy,saya juga sebulan lagi ada tes masuk akselerasi,minta doanya yak kk Rama mudah2an bisa kayak kk!!!!

    • ramarizana

      good luck ya,dita. (eh manggilnya apa ni.)
      btw,dita SMA di mana ni?

  6. shiva

    hebat yaahh .. pengen deh

  7. IffahNida

    aksel nyiksaaa ini saya ujian akhir semester lima bulan februari dan pembagian rapot semester lima bulan maret. nah di bulan maret juga ada ujian akhir semester 2 sama praktek, april udah UN. Situ ke kejar gak materi nya?

    • ramarizana

      salam kenal iffah,
      aksel di SMA mana ni?
      alhamdulillaah saya bisa mengejar dan begitu juga dengan ke18 rekan saya yang lain. yang penting kita menikmatinya

  8. Ami

    Gimana mas diidentifikasi jadi anak berbakat??hebat yaa, gak kebayang saya 4 bulan untuk pel 1 semestre

    • ramarizana

      kalau kemarin ya paling tes psikotes, lalu ada tes wawancara dengan guru BK dan petinggi sekolah

  9. Ami

    Gimana mas diidentifikasi jadi anak berbakat??hebat yaa, gak kebayang saya 4 bulan untuk pel 1 semester…

  10. dini

    waktu seleksi akselerasi, soal-soal yg keluar soal-soal kelas berapa aja? ._.

    • ramarizana

      saya lupa persisnya, seinget saya soal kelas X,karena tesnya waktu di bulan2 awal masuk SMA

  11. menurut aturan dirjen depdiknas, untuk tes pertama adalah tes IQ dulu. anak2 dengan IQ minimal 130 boleh mengikuti tes selanjutnya (mata pelajaran, kepribadian, psikologi, dan tes lain yang direkomendasi). selain itu, harusnya ‘ga layak’ mengikuti program akselerasi. tapi biasanya sekolah2 memilih sampai 20-25 siswa agar beban keuangan ga terlalu berat.
    dengan menyalahi aturan ini, jelas akselerasi hanya menjadi program 2 tahun di sekolah menengah, bisa ga bisa akan dipaksakan lulus 2 tahun.
    programnya bagus tetapi pelaksanaannya asal tabrak.
    sorry nih ya kalau komentar ibu rada gimanaaaa gitu. tapi ini kenyataannya, kan?

    • ramarizana

      sebelumnya,saya malah baru tau ada aturan seperti itu😀
      yang saya tau syarat minimal IQnya 120.

      Alhamdulillaah AxL SMAN 8 Pekanbaru dari angkatan pertama sampai terakhir (13) tidak ada yang dipaksakan. kalau memang gugur ya dia pindah, dan ini pernah terjadi beberapa kali.
      kalau di tengah perjalanan belajar mengalami hambatan sudah ada beberapa langkah, seperti lewat guru BK, wali kelas, penanggungjawab program, orangtua dan juga sesama teman. itu yang saya alami.🙂
      terima kasih atas komentarnya.🙂

  12. Amanda

    Boleh tahu biasanya saat wawancara hal hal yang ditanyakan apa saja? Saya kebetulan sedang ikut tes kelas akselerasi juga:)

    • ramarizana

      wah,sudah cukup lama ya. seingat saya lebih ke arah komitmen dan kesiapan diri terhadap beban belajar yang lebih berat dibanding reguler. terus juga alasan mengapa memilih kelas akselerasi dan berbagai pertanyaan lainnya seputar hal-hal tersebut. wawancara dua kali, sama pimpinan sekolah dan guru BK/BP.
      good luck.🙂

  13. Assalamualaikum kak😉 kak aku pingin banget masuk kelas aksel, do’ain aku yah kak semoga aku bisa ngejalanin tesnya😉 tapi aku takut kak😦 oh ya kak soalnya itu kls 9smp atau apa kak? H-2 nh kak aku ;( huaa salam kenal yah kak;)

    • ramarizana

      wa’alaikumussalaam,
      wah maaf ya dek, baru buka blog lagi ni,
      gimana tes akselerasinya?
      yang diujikan materi sekolah SMA yang sudah dipelajari, karena kk dulu tesnya setelah 1 bulan belajar di SMA.
      sukses.🙂

  14. kak mau tanya…tes soalnya itu soal kelas berapa? apa soal waktu kelas 9 (3 smp) atau soal2 anak sma?

    • ramarizana

      hey salma, seingat kk soalnya materi pelajaran yang udah dipelajari waktu SMA, misal kalau baru belajar biologi 1 bab, ya cuma 1 bab itu aja yang diujikan.
      sukses ya🙂

  15. Mas? Alhamdulillah saya diterima di SMAN 8 Pekanbaru, waktu Daftar Ulang malah udah ada Pengumuman kalau 2 Hari Kemudian Test Psikotest. Itu untuk apa ya baang?

    • ramarizana

      maaf baru balas ya, pranoto. selamat sudah diterima,
      sekarang harusnya udah selesai kan ya tes akselerasinya? waktu abg ke sana lagi pada tes wawancara.

  16. harya bima

    mas, saya ingin bertanya biasanya materi yg diujiankan saat ujian akademik aksel itu apa-apa aja?

    • ramarizana

      materi IPA dan Matematika, tapi itu saat saya tes akselerasi dahulu sudah pernah merasakan belajar di SMA selama 1 bulan.

  17. Feby Sakinah

    Assalamualaikum kak, saya aksel angkatan 14

    • ramarizana

      wa’alaikumussalaam,
      salam kenal feby, berapa total angkatan 14?
      sudah gabung ke grup FB Akselerasi SMAN 8 Pekanbaru?

      • feby sakinah

        Angkatan 14 semuanya 20 orang kak, 10 laki2 dan 10 perempuan kak, untuk grup aksel saya sudah masuk kak 😊. Kak, kakak dulu mts ya kak? Di ittihad ya kak?

      • ramarizana

        iya, MTs Ittihad. dari Ittihad juga?

  18. feby sakinah

    Iya kak

  19. repiamat

    Sama,sekarang saya lagi menempuh kelas 12 akselerasi, kelas 11 semester 1 hanya 1bulan dan semester 2nya 2bulan….saya juga baru masuk kelas 12 dan bulan april udah ujian…uniknya lagi kami adalah akselerasi pertama dan terakhir disingkawang

  20. Rossa

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Kak, aku mau tanyak nih… Aku sekarang sekolah di MTsN kota Madiun kls 8 tapi aku ambil kelas Billingual (unggulan 2 bahasa). Aku tertarik bahkan pingin banget dari dulu lulus sekolah dengan cepat maka dari itu aku greget pingin masuk kelas Akselerasi pas SMA, aku punya prestasi yg cukup bukannya sombong, seperti; ( juara 1 se-jatim, 3,1 tingkat kota, 4 tingkat karesiden, lulus dengan poin yg unggul dlm test Benchmarks Australia, lulus pelatihan Hour of code dengan hasil ug unggul pula, pernah sekolah di luar negri 4thn degan kurikulum British) tapi mslhnya aku masih sangat ragu dengan IQ… Juga aku gk terlalu suka belajar apalagi memori, kalo belajar aku lebih suka memahami pelajaran degan caraku sendiri (cenderung being an Independent thinker ). Nah apakah itu semua cukup untuk masuk aksel, kak mintak sarannya dan pendapat???
    Trimakasih untuk perhatian dan waktuanya,
    Sekian dari saya kak, Wassalamualaukum Wr. Wb.

    • ramarizana

      wa’alaikumussalaam warahmatullaahi wabarakaatuh. maaf nih baru balas.
      wah masyaAllah mantep nih prestasinya, semoga terus semangat ya.
      sebenarnya juga penilaian IQ kayaknya ndak mutlak benar, IQ saya waktu SMA dua kali tes beda2 hehe. yang terpenting kita belajarnya nyaman, karena di kelas aksel belajarnya cukup cepat. jadi kalau udah selesai satu bab, ya langsung lanjut ke bab berikutnya.

      • Farhan Soleh

        Permisi kak,.kira” di sekolah mana aja yah seleksi kelas aksel di adakan?,.saya kepengen banget masuk kelas aksel,saya minta Recom dari kaka soal SMA mana aja yang di adain kelas aksel,tapi IQ saya kurang mendukung,apa bisa saya masuk kelas aksel?,.btw gimana perasaan kaka bisa masuk kelas aksel,.dan apa tanggapan teman” kaka tentang pengalaman kaka?di tunggu ka jawaban nya makasih.

  21. Farhan Soleh

    Permisi kak,.saya kepengen tau sekolah dari kota mana aja yang mengadakan Tes seleksi buat masuk kelas aksel?,.saya giat belajar cuma demi bisa masuk kelas aksel,.makanya saya pngen tau SMA mana aja yang di Recom untuk di adakan nya kelas aksel?,.btw gimana perasaan kaka bisa masuk kelas aksel,dan gimana pendapat temen” kaka tentang pengalaman kaka?di tunggu ka jawaban nya makasih.

    • ramarizana

      hmmm, wah maaf saya kurang tau sekolah mana saja yang masih ada program akselerasi. almamater SMA saya dahulu juga sudah tidak ada lagi program kelas akselerasi.

      ya perasaan saya biasa saja, tetap mensyukuri alhamdulillaah bisa studi lebih cepat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: