Perjalanan Kuliahku : Dan akhirnya saya “nyasar” di Teknik Sipil (eps. 2 dari 2)

lanjutan tulisanini..

dan semuanya berujung pada cinta saya pada UGM bertepuk sebelah tangan..

————————————————————————————————————————

di sela2 kunjungan saya kedua dan ketiga pada bulan Maret/April 2008 (saya bolak balik ke Jogja sekitar 4 kali untuk ngurusin kuliah) saya juga mendaftar di kampus yang kemudian menjadi almamater saya sampai sekarang..

saya mendaftar di kampus ini melalui dua jalur,yakni Computer Based Test (CBT) dan Penerimaan Bakat Unggul Persyarikatan (PBUP)..

ketika di CBT saya mengisi KU sebagai pilihan pertama.. nah,di form pendaftaran disediakan dua pilihan tuh,saya sempat menuliskan Jurusan Hubungan Internasional (HI),namun petugas registrasinya bilang harus sama2 IPA atau sama2 IPS..

ya sudahlah,saya kembali membaca dengan seteliti-telitinya jurusan Eksak yang ada di kampus ini.. ada jurusan Teknik Elektro,wah saya tidak hobi main dengan listrik2an,ntar kesentrum (alasan yang aneh), ada jurusan Kedokteran Gigi,wah cuma belajar ngurusin gigi doang gak asyik ah (no offense for Dentistry students),trus ada Agroteknologi dan Agribisnis yang keduanya dalah di Fakultas Pertanian,prospek Pertanian di provinsi saya tidak begitu besar.. dan ada satu nama Teknik Sipil.. dan tentu saja satu2nya jurusan yang saya mungkinkan adalah ya ini,karena jurusan eksak lainnya tidak begitu menarik bagi saya.. hingga akhirnya setelah 1 jam,diumumkan nilai tes saya tidak mencukupi untuk masuk KU,tapi sangat mencukupi untuk masuk Teknik Sipil.. ya sudahlah.. saya pegang berkas penerimaan saya di Sipil sembari menunggu pengumuman PBUP..

awalnya saya mendaftar PBUP di jurusan KU berdasarkan rekomendasi Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Riau.. namun ternyata KU tidak termasuk ke dalam jurusan yang ada di jalur PBUP.. dan akhirnya saya memilih jurusan HI kelas Internasional (IC) dan Alhamdulillah saya keterima dan peringkat empat.. dan itu berarti saya harus memutuskan memilih yang mana,karena memang harus ada yang dipilih..

konsultasi sana sini,tanya pendapat banyak orang dan tentu saja yang paling penting adalah pendapat kedua orangtua.. Papa saya mengatakan bahwa beliau menyerahkan pilihan kepada saya,tapi kalau boleh menyarankan lebih baik ambil Teknik Sipil,karena bisa kerja dan membantu beliau di kemudian hari.. Sedangkan Umi saya mengatakan bahwa lebih baik ambil jurusan yang bisa kerja mandiri,tidak bergantung pada orang lain.. lebih baik ambil jurusan Eksak saja..

dan saya akhirnya memutuskan memilih Jurusan Teknik Sipil yang sama sekali tidak pernah terbersit di pikiran ini mengingat bahwa kalau mengambil Jurusan eksak dan ingin terlibat di bidang sosial nanti juga bisa.. tapi kalau jurusan sosial ingin terlibat di bidang eksak,agak susah..

Bismillahirrohmanirrohiim saya mendaftar di jurusan Teknik Sipil dan menjadikan itu pilihan terakhir jikalau di UGM tidak diterima..

lho gak nyoba di kota lain aja,Ram.? Di UI atau ITB mungkin..

gak tau kenapa saya tidak minat kuliah di kota lain,selain Jogja.. ya mungkin karena cintaku sudah terpaut dan terpatri di sana.. padahal bisa saja sebenarnya dan cukup besar peluang saya keterima di UI dan ITB.. namun memang saya gak minat di kota lain,keputusan ini diperkuat ketika kesempatan saya untuk memasuki UI melalui jalur PBUD diambil oleh teman satu kelas saya yang akhirnya keterima di sana,karena satu kelas diberikan jatah satu orang.. dan yang lebih parah lagi saya mendaftar SNMPTN di UGM yang pada tahun itu hanya menerima maksimal 15 orang per jurusan lewat jalur SNMPTN.. tapi karena cintaku sudah terlanjur kusemai di Kota Pelajar ini,tindakan nekad mendaftar di UGM jalur SNMPTN kutempuh jua..

 

dan akhirnya saya ditakdirkan untuk kuliah di Teknik Sipil kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dikarenakan saya tidak lulus jalur SNMPTN UGM..

 

 

Bantul, 02 Sya�ban 1431 H

tulisan mengenang perjalanan awal perkuliahanku di sini hingga semester 4..

 

kemungkinan posting selanjutnya mengenai :

1. Hikmah dan Pelajaran yang kuterima di kampus ini

2. Be Researcher or What.??

Categories: Sarjana, Sebuah Cerita, Studi | Tags: , , , , , | 14 Comments

Post navigation

14 thoughts on “Perjalanan Kuliahku : Dan akhirnya saya “nyasar” di Teknik Sipil (eps. 2 dari 2)

  1. 0wh
    jd gt crtanya
    mrp crta ari0 y?

  2. azizrizki said: 0whjd gt crtanyamrp crta ari0 y?

    gak juga kayaknya,Mbak.. kalau sama2 bercita2 kuliah kedokteran mah iya..

  3. azizrizki said: 0whjd gt crtanyamrp crta ari0 y?

    ^_^
    Semua kan ada hikmahnyaaaaa

  4. tazkiatunnafs said: ^_^Semua kan ada hikmahnyaaaaa

    iya,mbak.. hal ini yg ingin saya tulis untuk adek2 kelas saya yg tahun ini tamat.. tapi belum sempat e.. he8x..

  5. ramarizana said: hal ini yg ingin saya tulis untuk adek2 kelas saya yg tahun ini tamat.. tapi belum sempat e.. he8x..

    hehehe ^^

  6. ramarizana said: hal ini yg ingin saya tulis untuk adek2 kelas saya yg tahun ini tamat.. tapi belum sempat e.. he8x..

    selamat belajar!

  7. ramarizana said: hal ini yg ingin saya tulis untuk adek2 kelas saya yg tahun ini tamat.. tapi belum sempat e.. he8x..

    very like this..
    smw ad hkmhnya. kdg qt bfkr sswt it adl yg tbaik u qt pdhl blm tntu baik mnrt Allah u qt… albaqarah brp y? 216 kah? lupa T.T
    kalo an dftr d kmpz nt tp gktrima..
    jd ngungsi dl k kota lain
    br skrg bs ad d yk

    hm qt sm2 g minat kul d daerah brt kyknya y dek. hee

  8. ramarizana said: hal ini yg ingin saya tulis untuk adek2 kelas saya yg tahun ini tamat.. tapi belum sempat e.. he8x..

    @Mbak Mona :
    oke.. jazakillah khoir.. mohon do’a dan bimbingannya..

    @Mbak Devi :
    yup.. daerah brt tu apa,Mbak.? Barat.? gak juga kayaknya..

  9. ramarizana said: hal ini yg ingin saya tulis untuk adek2 kelas saya yg tahun ini tamat.. tapi belum sempat e.. he8x..

    eh tak kira
    nt nulis g minat ui, itb
    it kn d brt.
    he

  10. ghumaisha said: eh tak kirant nulis g minat ui, itbit kn d brt. he

    bukan gak minat,Mbak.. tapi karena cintaku sudah terpaut..

  11. ghumaisha said: eh tak kirant nulis g minat ui, itbit kn d brt. he

    Rama, Yogya emang jodohmu
    hehehe

  12. diaryvyka said: Rama, Yogya emang jodohmuhehehe

    udah baca yg awalnya,Mbak.?

  13. diaryvyka said: Rama, Yogya emang jodohmuhehehe

    yg awalnya belum, hehehe
    nyambung yaks

  14. diaryvyka said: yg awalnya belum, hehehenyambung yaks

    nyambung lah..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: